teori dasar dan belajar mengenal kelistrikan

Teori dasar serta belajar mengenal kelistrikan .



Untuk sebagai seorang technisi elektro yg pintar, seorang harus menyelidiki dulu mengenai dasar-dasar elektronik dan kelistrikan. Teori tadi akan berguna serta sangatlah membantu saat praktek di lapangan nanti. Ibarat istilah teori elektronika seperti pondasi, apabila pondasi kokoh maka bangunan tidakmudah roboh.

ada beberapa sab elektro yg harusdi pelajari, mulai dari teori elektro, teori atom, aruslistrik/ tegangan, hukum ohm, dan masi banyak lagi yang lain nya. Selesainya sebelum nya menyelidiki elektronik net, mengajak anda semua buat melihat isu tentang belajar elektronika dasar. Kali ini akan mengulas mengenai teori elektro.

Teori Dasar Elektronik

berikut ini adalah beberapa teori dasar elektro dan dasar kelistrikan yang wajib anda pahami serta pelajari sebelum anda sebagai technisi elektronik. Penasaran dengan informasinya? Simak baik baik informasi lengkap di bawah ini........!

Teori elektronika dan atom

apabila benda atau zat baik itu padat. Cair atau gas, di bagi bagi menjadi bagian mini , dan bagian tersebut masi mempunyai sifst asal nya. Maka bendatersebut dinamakan molekul, jika molekul tadi terus dibagi bagi sebagai mini hingga benda tadi tidak mempunyai sifat asal nya? Maka dianggap atom,

bahasa atom sendiri sebenarnya asal menurut bahasa yunani yg berarti tidak dapat dibagi lagi.Jadi dapat kita simpulkan sebagai bagian terkecil dari molekul yg sudah nir dapat dibagi-bagi lagi dengan reaksi kimia biasa. Sementara molekul adalah bagian terkecil berdasarkan suatu benda yang masih memiliki sifat asal.

sebuah atom terdiri berdasarkan inti atom aliasa nukleus yg tersusun menurut proton (positif) dan dan netron (netral). Yang di kelilingi aleh elektron (negatif) sebuah atom di katakn netral bila mempunyai muatan positif dan negatif pada jumlah yang sama, pada teori atom dikenali kata elektron bebas atu falensi. Yakni lektron yang berada pada lapisan yang paling luar.




dalam hubungan muatan listrik, jika ada interaksi sejenis akan tolak menolak, serta jika terdapat mualan yang tidak homogen akan tarik menarik, dalam teori perpindahan muatan positif serta negatif akan berpindah muatan listrik, terdapat 3 jenis bahan muatan yakni, konduktor atau penghantar atau semikonduktor 1/2 penghantar dan isolator penghambat

Teori arus listrik

Aruslistrik merupakan muatan muatan negatif atau elektron yang mengalir dri potensial rendah ke potensialtinggi, satuan arus listrik merupakan ampere. Pada teori aruslistrik dikenal 2 asal arus listrik yakni arus searah (DC) dan arus bolak kembali (AC).

sumber arus DC adalah yang nir berubah arus fasenya, model nys sdlsh bstery, solar cell acumulator, dinamo dan adaptor, sedangkan aruslistrik AC adalah yg berubah ubah fasenya setiap ketika, contohnya generator listrik PLN, serta inverter. Alat yang digunakan buat mengukut arus listrik merupakan amper meter.

rumus aruslistrik I=Q/T

I= merupak suatu tegangan dalam vol (A)
Q= merupak muatan listrik dalam suatu colum.(C)
T=waktu dalam suatu scound (S)

Pengertian ilmudasar elektronik

listrik pada gerombolan kan menjadi salahsatu asal energi yang sangat di butuhkan pada kehidupan insan, Setiap saat peranan listrik dalam kehidupan insan semakin terlihat, terdapat banyak peranan pada kehidupan manusia yg tidaklepas dari listik, dan sebagian bagian rakyat perlu memahami ekstensi listrik secara aporisma. Teori listrik darsar merupakan teori pengetahuan yang membahas listrik secara tuntas,

arah arus listrik

Arah arus listrik mengalir dari pola-pola positif melalui rangkaian listrik kepola negatif. Arah arus listrik bertentangan dengan arus elektron sesuai dengan arus elektron sesuai menggunakan teori gerak elektron berdasarkan pola negatif melalui rangkaian listrik ke pola negtif. Yang perlu diketahui bahwa apabila arus listrik mengalir pada dalam satu arah maka bersamaan dengan itu arus elektron antagonis menggunakan arah nya.


Akibat listrik

Suatu dawai jika dilewati arus akan menjadi panas, dalam teknologi kendaraan sepeda motor pengaruh panas pada pakai semisal busi pijar buat motor disel, pemanas listrik buat ventilasi belakang kendaraan, kumpara pemanas rokok dn pada dalam lampu pijar, dimana filamen dipanaskan hingga satu temperatur yang tinggi sehingga bisa mengeluarkan cahaya cerah.

Efek maghnet listrik

Aruslistrik yng mengalir melalui suatukonduktor lapangan maghnet di sekeliling konduktor, peristiwa ini pada manfaat kan dalam komponen kendaraan misal nya, regulator rilai stater koil penyalaan dan seagai nya.

efek kimia listrik

aliran listrik mengakibatkan reksi jika mengalir suatu elektrolit contohnya cairan zat asam atau garam, baterai pada tunggangan adalah suatu komponen dikarenakan sang imbas kimia listrik, dalam baterai arus listrik ditimbulkan oleh reaksi kimia.

Arus searah (DC), arus bolakbalik (AC).

Arus searah (DC) adalah sejenis arus yg selalu mempunyai arah arus yg sama melalui rangkaian arus listrik, itu adalah keadaan dimana sumberlistrik pada rangkaian itu mempunyai kutub yg tidak berubah yaitu membentuk voltase yg searah (DC). Model dalam sepeda motor yaitu baaterai.

Arus bolakbali (AC) adalah homogen arus yg memiliki arah bolak-balik karna asal aruus listrik menghasilkan arah voltase bolak pulang, model sitem kelistrikan dalam yaitu dalam sepul motor, yg bisa membuat arus bolak pulang (AC).


Kemagnetan

kemagnetan adalah sifat berdasarkan maghnet serta arus listrik dapat menghasilkan lapangan suatu gaya, sifat magnet ialah dapat menarik benda (besi), kemagnetan dibutuhkan buat media generator dinamo danlain-lain.


maghnet tetap (permanen)

semua maghnet memiliki kutup sendiri-sendiri yaitu kutup utara dan kutub selatan, lapangan gaya maghnet terdiri berdasarkan garis garis magnet yang terdapat diantara kutub-kutub magnet. Bertolak dari kutub utara ke kutub selatan magnet. Diantara kutub U lapangan gaya lebih kosentrasi lantaran jeda antara kutub lebih pendek makin sempit dari kutub magnet pada kosentrasikan gaya magnet.

Elektro magnet

Suatu penghantar yg mengalirkan arus di kelilingi oleh lapangan magnet menggunakan garis-garis gaya beraturan mengelilingi garis sepanjang penghantar. Penghantar itu tidak mempunyai kutub utara maupunkutib selatan. Garis-garais gaya bekerja kesudut kanan penghantar pada pakai misal nya buat pengukuran arus dalam kabel starter, suatu ammeter sederhana, indikator arus ditempatkan diluar kabel serta lapangan maghnet menggerakkan instrumen itu. Arah gerakan garis-garis gaya pada sekelilingi penghantar bisa dipengaruhi menggunakan menggunakan berbagai ketentuan/ aturan. Salahsatu artinya anggaran jalan spiral yaitu arah dan lapangan gaya bersamaan menggunakan arah putaran kanan dari rah arus pada pada penghantar.


Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.