Skema Speaker Aktif Sederhana

Skema speaker aktif merupakan citra atau contoh pada bentuk gambar rangkaian elektronika sehingga memudahkan Anda menciptakan speaker aktif. Speaker aktif bermanfaat buat memperkuat frekuwensi audio yg beasal menurut smartphone, MP3 player, laptop, komputer.
Pengertian Speaker Aktif
Speaker merupakan keliru satu alat-alat penting yang harus ada pada audio buat membuat kualitas bunyi yang baik. Terdapat beberapa jenis speaker yg bisa kita jumpai di pasaran, yakni speaker aktif, speaker pasif serta powered.

Speaker Aktif
Komponen crossover yang terdapat di dalamnya membagi frekuensi menjadi beberapa frekuwensi yang lebih mini , yakni frekuwensi rendah, frekuwensi sedang, dan frekuwensi tinggi. Selanjutnya sinyal-sinyal tersebut dikirim menuju driver individual yang diatur untuk menangani frekuensi-frekuensi tersebut sebagai akibatnya tidak ada frekuensi yang hilang meskipun terjadi pemisahan. Speaker aktif mempergunakan komponen crossover dan amplifier yg kuat pada tiap drivernya.

Speaker Pasif
Speaker ini memiliki komponen crossover pasif dengan kemampuan yang hampir serupa menggunakan speaker aktif. Perbedaannya, speaker pasif mengirimkan sinyal menuju driver loudspeaker secara langsung memakai beberapa komponen, yakni kapasitor, penahan serta induktor yang membagi sinyal. Selanjutnya, juga akan mengirimkan tiap-tiap frekuensi menuju tiap-tiap driver. Jenis speaker pasif juga memiliki amplifier terpisah yg mengirim seluruh frekuwensi audio menuju speaker.

Speaker Powered Merupakan speaker yang mempunyai amplifier di dalamnya. Speaker powered hampir serupa dengan speaker aktif tetapi mempunyai kualitas yang masih berada di bawah speaker aktif.

Contoh Skema Speaker Aktif

Salah satu contoh skema speaker aktif adalah misalnya ini dia:

Contoh speaker aktif diatas mempergunakan port USB 5VDC yang berfungsi sebagai sumber tegangan. Hal ini akan membantu membuat gerak speaker aktif menjadi lebih baik. Sebenarnya jua mampu menggunakan baterei sebesar 6V atau 9V menjadi asal tegangan namun hal ini akan menciptakan rangkaian speaker aktif nir mampu bertahan lama karena baterei akan lebih cepat habis terutama ketika amplifier bekerja secara maksimal . Jadi penggunaan asal tegangan DC 5VDC tadi dinilai lebih baik serta mampu eksklusif dihubungkan dalam laptop melalui port USB.

Anda bisa memperhatikan skema speaker aktif yang tersaji tersebut. Anda dapat membuatnya sendiri lantaran terbilang sangat sederhana dan mudah membuatnya. R1 dan GND merupakan input asal tegangan yang selanjutnya dihubungkan menggunakan port USB. Lalu R2 dan GND merupakan input frekuwensi audio yg akan diperkuat.

Potensiometer (R2) bermanfaat buat mengatur volume sebagai akibatnya membuat kualitas bunyi seperti yang diinginkan. Selanjutnya kapasitor (C1) akan menstabilkan tegangan DC kemudian membuang arus yang nir diperlukan menurut IC LM386. Perhatikan bahwa ketika pemasangan C1 wajib berada sedekat mungkin menggunakan kaki IC.
Komponen yg Dibutuhkan:
  • IC LM386
  • Jack Audio tiga,5mm
  • Socket IC 8 pin
  • Kapasitor 220µF sebesar dua buah
  • Resistor 10 Ohm (Ω)
  • Potensiometer 10K
  • PCB matriks (PCB titik)
  • Speaker mini 8 ohm (Ω) 1 watt
Rangkaian speaker aktif ini buat jenis mono, maka bila Anda ingin menciptakan rangkaian stereo buatlah 2 buah rangkaian dengan menggunakan komponen yang sama.

Merakit Speaker Aktif
Siapkan port USB atau Anda mampu merogoh dari bekas mouse. Terdapat 4 buah kabel menggunakan empat warna, yakni meah, putih, hijau, serta hitam. Yang dibutuhkan dalam menciptakan rangkaian speaker aktif hanyalah kabel warna merah dan warna hitam saja.
Pada bagian input sinyal audio pakai jack audio tiga,3mm stereo kemudian empat jalur kabel yang terdapat di dalam kabel jack audio stereo buat bagian groud dijadikan satu sebagai akibatnya sebagai 3 jalur kabel, yani kanal kanan, kanal kiri serta ground.
Sebagai casing (box), Anda mampu menggunakan kotak plastik atau bekas cat berbentuk silinder, yang terpenting semua rangkaian dapat masuk ke dalam casing.

Demikian salah satu contoh skema speaker aktif sebagai gambaran buat merangkai speaker aktif. Semoga bermanfaat buat anda seluruh apabila ada yg perlu di pertanyakan anda bisa tinggalkan coretan dalam kolom komentar paling bawah.......


Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.