Panduan mudah cara memperbaiki mouse optik yang rusak

Cara memperbaiki Mouse personal komputer yg rusak.

Mouse adalah salah satu perangkat utama dalam sebuah personal komputer terutama dalam PC.( personal computer). Tanpa adanya Mouse maka kita tidak akan bisa memakai komputer dalam saat mengoprasikan beberapa pelaksanaan tertentu yang meski sebenarnya bekerja dengan personal komputer tanpa Mouse jua sanggup dilakukan, namun bagi yg nir terbiasa justru akan memperlambat pekerjaan atau bahkan sama sekali nir mampu bekerja Dengan personal komputer yg nir dilengkapi dengan mouse, dalam sebuah unit personal komputer umumnya buat ketika ini sangat penting sekali.

Bahkan buat menjalankan software tertentu seseorang pengguna laptop serta notebook juga sangat membutuhkan sebuah Mouse, meski pada sebuah laptop telah dilengkapi menggunakan touchpad sebagai pengganti Mouse, misalnya bekerja menggunakan aplikasi pengolah gambar dan video, maka tanpa menggunakan Mouse orang akan mengalami kesulitan baik itu waktu memakai laptop yang sudah dilengkapi dengan touchpad, terlebih yang bekerja memakai PC desktop.

Beberapa jenis Mouse dan aneka macam macam kerusakan yang generik terjadi

Nah, dalam pertemuan kali ini memang kita akan membahas mengenai cara memperbaiki Mouse yg tewas serta serta beberapa kerusakan Mouse yg sering terjadi. Memang harga sebuah Mouse tidaklah mahal-mahal banget, tetapi yang mempunyai Mouse spesifik game rupawan yg harganya mahal maka memperbaiki Mouse yang rusak sanggup jadi jalan terbaik buat menghemat, itung-itung mengurangi pengeluaran dan menguji keterampilan. Untuk sebuah warnet ( warung internet ) dengan jumlah komputer yg relatif poly serta penggunaan perangkat dengan frekuensi tinggi maka perkara kerusakan Mouse pastinya relatif tinggi juga. Sehingga dalam ketika sebulan sanggup jadi ada beberapa unit Mouse yang rusak. Maka akan sangat berhemat pengeluaran jika pemilik warnet mau memperbaiki Mouse yang rusak.

Pada mulanya Mouse mempunyai bola menjadi galat satu komponen yg primer menggerakkan kursor Mouse sesuai Kehendak si user komputer. Namun menggunakan adanya Mouse optik maka pengguna bola-bola penggerak dalam mouse telah ditinggalkan lantaran Mouse jenis usang yang menggunakan bola kecil menjadi salah satu komponen yg sangat seringkali rewel terutama apabila bola sudah mulai kotor atau nir lancar perputaran nya. Berbeda menggunakan mouse optik maka Mouse jenis baru ini lebih minim perawatan sebagai akibatnya lebih mudah bagi pengguna personal komputer .

Untuk jenis koneksi data Mouse dengan personal komputer jua ada berapa jenis pada antaranya Mouse kabel menggunakan terminal P/S 2 serta Mouse kabel dengan Terminal USB. Dan Selain itu terdapat jenis Mouse yg terkoneksi menggunakan CPU atau perangkat personal komputer tanpa memakai kabel data, jenis yang ini biasa kita sebut dengan nama mouse wireless. Mouse wireless memiliki kelebihan, ringkas dan lebih enak dipakai Karena tanpa wajib sering mengulur kabel kesana kemari ketika menggunakannya. Mouse wireless juga dilengkapi dengan baterai sebagai catu daya buat menyalakan Mouse. Mouse wireless umumnya pula memiliki dongle USB yang terpasang pada port USB dan masih ada pada CPU atau laptop. Yang mana dongkel tersebut berperan sebagai Terminal penghubung frekuwensi mouse wireless dengan personal komputer atau laptop.

Mouse yang terdiri dari banyak sekali jenis diatas tentunya mempunyai ciri yg tidak sinkron jua, menjadi karakteristik khasnya, menjadi demikian juga dengan kerusakan yg mungkin terjadi jua masih ada beberapa perbedaan. Sehingga pada memperbaiki mouse wireless juga tergantung dari jenis mous itu sendiri. Dan buat lebih jelasnya maka kita simak ulasan mengenai cara perbaiki Mouse pada bawah ini.

Teknik dan cara memperbaiki Mouse yg rusak.

Mungkin bagi yg mempunyai sebuah warnet dengan jumlah pengunjung yang poly serta ramai pastinya sebuah idaman tersendiri. Maka membuang mouse rusak kedalam tong sampah sering dilakukan karena jumlah Mouse yg dipakai pula banyak tentunya. Padahal kerusakan mouse paling generik galat satunya adalah Mouse tidak bisa pada klik. Dan si pemilik warnet tanpa ambil pusing akan segera merogoh ganti Mouse yang memang telah dipersiapkan menjadi cadangan, dan selain itu pula Mouse yg rusak akan terbuang sia-sia.
Namun Bagi yg mau sedikit telaten buat memperbaiki Mouse yg rusak, Maka pengeluaran akan dapat diminimalisir. Dan beberapa jenis kerusakan Mouse yg umum, dalam dasarnya relatif mudah buat dibenerin serta bahkan porto perbaikannya pun cukup murah.

Alat buat memperbaiki mouse rusak dan yang mati

Dan buat bisa melakukan perbaikan Mouse, maka terlebih dahulu kita harus mempersiapkan beberapa peralatannya menjadi berikut.
  • Obengplus yang kecil
  • multitester
  • timah solder
  • Soldier
  • Solder atraktor( sedotan timah)
  • Tang pangkas( buat memotong kabel) dapat diganti menggunakan gunting

Baca pula, Efeksamping menggunakan pelaksanaan anti virus yang berlebihan

Beberapa jenis kerusakan Mouse yang umumnya terjadi dan bagaimana cara memperbaiki nya .

1 cara memperbaiki Mouse yang tidak sanggup di-klik
Salah satu jenis kerusakan Mouse yang acapkali terjadi adalah tombol mouse yg nir mampu diklik. Baik salah satu atau bahkan kedua tombol mouse kanan ataupun kiri. Tanda kerusakan Mouse yg misalnya di atas merupakan tombol mouse telah rusak serta waktunya harus pada service. Dan hal seperti itu lumrah terjadi lantaran disebabkan usia gunakan tombol yang sudah relatif lama .
  • Pertama yang harus dilakukan merupakan membuka Mouse, buka baut pengunci Mouse dengan memakai obeng plus yang kecil tadi.
  • periksa tombol mouse yang nir mau diklik. Dan umumnya tombol mouse yang rusak nir terdapat suara klik jika ditekan. Dan untuk tombol mouse yang masih baik umumnya akan keluar bunyi klik jika ditekan.
  • lepas dan ganti tombol mouse yg rusak menggunakan tombol baru atau sanggup juga menggunakan mencari kanibalan. Ataupun Anda sanggup membeli tombol tadi di toko komponen elektronik terdekat. Dan buat melepaskan kita dapat menggunakan solder dan menggunakan donasi penyedot timah solder yg sudah disiapkan tadi.
  • Setelah tombol rusak dilepas, langkah selanjutnya Berhentilah serta pasang tombol mouse yang baru. Coba Maos dalam personal komputer atau laptop serta ingat pasang balik penutup mau serta penguncinya

Cara memperbaiki lampu Mouse menyala tetapi kursor tidak mau berkiprah.

Kerusakan misalnya ini umumnya terjadi pada Mouse yg memiliki kabel data. Dan galat satu kabel adayang putus atau lepas kaitan solderannya. Ini tak jarang terjadi karena kabel sering ditarik-tarik.

Cara memperbaiki nya.
  • Potong bagian kabel Mouse sampai dalam bagian kabel yang masih utuh. Baik kabel yg jenis USB atau P/S 2.
  • Kupas semua kabel dengan tang potong atau gunting yang sudah dipersiapkan tadi, kemudian tes menggunakan multitester, Atur multitester pada contoh mengetes kendala atau ohm meter. Lihat di bagian skema kabel Mouse.
  • Jika semua kabel dikira cantik serta nir terdapat yg putus, langkah selanjutnya kita buka casing Mouse menggunakan obeng plus mini yg telah kita siapkan tadi.
  • Lepas residu potongan kabel Mouse yg masih menempel pada mouse menggunakan solder serta penyedot timah tersebut.
  • Kemudian pasang kabel Mouse yg masih mengagumkan serta sudah dites Tadi dalam mouse. Solder yang rapi serta bertenaga jangan ada galat satu yang terkait menggunakan satunya.
  • Coba jalankan mouse serta Tutup balik jika perkara sudah teratasi.

Cara mengatasi kerusakan Mouse cursor nir mampu bergerak tetapi tombol dapat pada klik.

Ciri-ciri kerusakan Mouse seperti ini sangat kerap terjadi lantaran optik Mouse sudah rusak dan harus diganti menggunakan yg baru. Optik Mouse berbentuk lampu LED yg Umumnya berwarna bening. Dan terdapat di posisi Tengah Tengah Mouse.

Cara memperbaiki nya

  • buka casing Mouse
  • lepaskan optik Mouse dengan solder dan penyedot timah.
  • untuk optik Mouse ini kita bisa menggantinya menggunakan optik Mouse lain yang sama. Anda jua mampu mencari Mouse yang sudah rusak tetapi kerusakan nya tidak pada optik.
  • saat memasang optik Mouse yg baru jangan lupa perhatikan kaki kutub positif dan negatif yg dimiliki sang optik tadi. Dengan melihat gambar informasi pada atas. Jika posisi kaki off tik terbalik maka optik nir akan mengeluarkan cahaya saat Mouse dinyalakan.

Yang terakhir terdapat jenis kerusakan Mouse yg apabila di klik satu kali maka justru jadi double Click. Dan buat kerusakan Mouse yg misalnya ini maka kita bisa mencoba memperbaiki nya menggunakan sebuah perangkat lunak yang bernama "mauseFIX" yg bisa kita unduh secara gratis-tis berdasarkan internet. Dan memang sebenarnya mauseFIX ini merupakan aplikasi yg di buat spesifik buat Microsoft intellimouse Explorer optical Mouse . Tetapi perangkat lunak ini nyatanya juga dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan dalam beberapa merek mouse lainnya.

Cara memperbaiki Mouse menggunakan mouseFIX
  • unduh aplikasi musafik serta ekstrak pada sebuah folder
  • buat shortcut mouseFIX.Exe dalam folder "startup" Di Star menu
  • jalankan acara mauseFIX
  • selesai
Nah. Setelah kita mengikuti langkah-langkah diatas tentunya relatif rumit jua kan?? Tetapi nggak apa-apa lah itung-itung buat cari keterampilan.
Mungkin Hanya itu yg dapat saya tulis mengenai cara servis Mouse baik mouse USB maupun Mouse P/S 2 dan juga bisa diterapkan pada jenis mouse wireless. Simak jua ulasan menarik lain tentang trik-trik menarik yang ditulis oleh Teknisikecil.Com. Kalaupun ada yang kurang paham atau sulit dimengerti Anda bisa tinggalkan coret-coretan pada kolom komentar paling bawah

Salam
PC Software

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.