Panduan mudah cara memperbaiki mouse optik yang rusak

Cara memperbaiki Mouse personal komputer yg rusak.

Mouse merupakan keliru satu perangkat primer pada sebuah personal komputer terutama dalam PC.( personal computer). Tanpa adanya Mouse maka kita tidak akan bisa menggunakan personal komputer pada waktu mengoprasikan beberapa aplikasi eksklusif yg meski sebenarnya bekerja menggunakan personal komputer tanpa Mouse jua mampu dilakukan, namun bagi yg nir terbiasa justru akan memperlambat pekerjaan atau bahkan sama sekali nir sanggup bekerja Dengan personal komputer yang tidak dilengkapi menggunakan mouse, pada sebuah unit komputer umumnya buat waktu ini sangat penting sekali.

Bahkan buat menjalankan software eksklusif seorang pengguna laptop serta notebook juga sangat membutuhkan sebuah Mouse, meski pada sebuah laptop sudah dilengkapi menggunakan touchpad sebagai pengganti Mouse, contohnya bekerja menggunakan software pengolah gambar dan video, maka tanpa menggunakan Mouse orang akan mengalami kesulitan baik itu ketika menggunakan laptop yg telah dilengkapi dengan touchpad, terlebih yang bekerja menggunakan PC desktop.

Beberapa jenis Mouse dan banyak sekali macam kerusakan yang umum terjadi

Nah, pada rendezvous kali ini memang kita akan membahas mengenai cara memperbaiki Mouse yang tewas dan dan beberapa kerusakan Mouse yang sering terjadi. Memang harga sebuah Mouse tidaklah mahal-mahal banget, namun yg mempunyai Mouse khusus game indah yg harganya mahal maka memperbaiki Mouse yg rusak sanggup jadi jalan terbaik buat berhemat, itung-itung mengurangi pengeluaran serta menguji keterampilan. Untuk sebuah warnet ( warung internet ) menggunakan jumlah personal komputer yang relatif poly dan penggunaan perangkat menggunakan frekuensi tinggi maka perkara kerusakan Mouse pastinya relatif tinggi jua. Sehingga pada waktu sebulan bisa jadi ada beberapa unit Mouse yang rusak. Maka akan sangat berhemat pengeluaran bila pemilik warnet mau memperbaiki Mouse yang rusak.

Pada mulanya Mouse memiliki bola sebagai keliru satu komponen yg primer menggerakkan kursor Mouse sesuai Kehendak si user komputer. Namun dengan adanya Mouse optik maka pengguna bola-bola penggerak dalam mouse telah ditinggalkan lantaran Mouse jenis lama yang memakai bola kecil sebagai keliru satu komponen yang sangat sering rewel terutama bila bola telah mulai kotor atau nir lancar perputaran nya. Berbeda menggunakan mouse optik maka Mouse jenis baru ini lebih minim perawatan sehingga lebih gampang bagi pengguna komputer.

Untuk jenis koneksi data Mouse menggunakan personal komputer pula ada berapa jenis pada antaranya Mouse kabel dengan terminal P/S dua dan Mouse kabel dengan Terminal USB. Dan Selain itu terdapat jenis Mouse yang terkoneksi dengan CPU atau perangkat personal komputer tanpa menggunakan kabel data, jenis yg ini biasa kita sebut dengan nama mouse wireless. Mouse wireless memiliki kelebihan, ringkas serta lebih lezat dipakai Lantaran tanpa wajib tak jarang mengulur kabel kesana kemari waktu menggunakannya. Mouse wireless jua dilengkapi dengan baterai sebagai catu daya buat menyalakan Mouse. Mouse wireless biasanya juga memiliki dongle USB yg terpasang pada port USB serta masih ada di CPU atau laptop. Yang mana dongkel tersebut berperan menjadi Terminal penghubung frekuwensi mouse wireless dengan personal komputer atau laptop.

Mouse yang terdiri berdasarkan berbagai jenis diatas tentunya memiliki ciri yang tidak selaras juga, sebagai karakteristik khasnya, menjadi demikian pula menggunakan kerusakan yang mungkin terjadi jua terdapat beberapa perbedaan. Sehingga dalam memperbaiki mouse wireless jua tergantung berdasarkan jenis mous itu sendiri. Dan buat lebih jelasnya maka kita simak ulasan mengenai cara perbaiki Mouse pada bawah ini.

Teknik serta cara memperbaiki Mouse yang rusak.

Mungkin bagi yg memiliki sebuah warnet dengan jumlah pengunjung yang banyak dan ramai pastinya sebuah idaman tersendiri. Maka membuang mouse rusak kedalam tong sampah seringkali dilakukan karena jumlah Mouse yg digunakan juga poly tentunya. Padahal kerusakan mouse paling generik salah satunya adalah Mouse nir bisa di klik. Dan si pemilik warnet tanpa ambil pusing akan segera mengambil ganti Mouse yang memang telah dipersiapkan menjadi cadangan, serta selain itu jua Mouse yg rusak akan terbuang sia-sia.
Namun Bagi yang mau sedikit telaten buat memperbaiki Mouse yang rusak, Maka pengeluaran akan dapat diminimalisir. Dan beberapa jenis kerusakan Mouse yang generik, pada dasarnya relatif mudah untuk dibenerin serta bahkan porto perbaikannya pun cukup murah.

Alat buat memperbaiki mouse rusak dan yg mati

Dan untuk dapat melakukan perbaikan Mouse, maka terlebih dahulu kita harus mempersiapkan beberapa peralatannya sebagai berikut.
  • Obengplus yg kecil
  • multitester
  • timah solder
  • Soldier
  • Solder atraktor( sedotan timah)
  • Tang pangkas( buat memotong kabel) dapat diganti memakai gunting

Baca juga, Efeksamping memakai pelaksanaan anti virus yg berlebihan

Beberapa jenis kerusakan Mouse yg umumnya terjadi dan bagaimana cara memperbaiki nya .

1 cara memperbaiki Mouse yang nir bisa di-klik
Salah satu jenis kerusakan Mouse yg sering terjadi merupakan tombol mouse yg nir sanggup diklik. Baik salah satu atau bahkan kedua tombol mouse kanan ataupun kiri. Tanda kerusakan Mouse yang seperti pada atas adalah tombol mouse telah rusak dan waktunya harus pada service. Dan hal seperti itu masuk akal terjadi karena disebabkan usia pakai tombol yang telah cukup lama .
  • Pertama yg harus dilakukan adalah membuka Mouse, buka baut pengunci Mouse menggunakan memakai obeng plus yg mini tadi.
  • periksa tombol mouse yang nir mau diklik. Dan umumnya tombol mouse yg rusak tidak terdapat bunyi klik jika ditekan. Dan buat tombol mouse yang masih baik umumnya akan keluar suara klik bila ditekan.
  • lepas serta ganti tombol mouse yang rusak menggunakan tombol baru atau sanggup juga menggunakan mencari kanibalan. Ataupun Anda mampu membeli tombol tersebut di toko komponen elektronika terdekat. Dan buat melepaskan kita dapat menggunakan solder serta menggunakan donasi penyedot timah solder yg sudah disiapkan tadi.
  • Setelah tombol rusak dilepas, langkah selanjutnya Berhentilah serta pasang tombol mouse yang baru. Coba Maos dalam personal komputer atau laptop dan ingat pasang kembali penutup mau serta penguncinya

Cara memperbaiki lampu Mouse menyala tetapi kursor nir mau beranjak.

Kerusakan seperti ini umumnya terjadi dalam Mouse yang memiliki kabel data. Dan salah satu kabel adayang putus atau tanggal kaitan solderannya. Ini sering terjadi lantaran kabel seringkali ditarik-tarik.

Cara memperbaiki nya.
  • Potong bagian kabel Mouse sampai dalam bagian kabel yg masih utuh. Baik kabel yang jenis USB atau P/S dua.
  • Kupas seluruh kabel menggunakan tang pangkas atau gunting yg telah dipersiapkan tersebut, lalu tes menggunakan multitester, Atur multitester pada model mengetes kendala atau ohm meter. Lihat di bagian skema kabel Mouse.
  • Jika seluruh kabel dikira cantik serta tidak terdapat yg putus, langkah selanjutnya kita buka casing Mouse dengan obeng plus mini yang telah kita siapkan tadi.
  • Lepas sisa potongan kabel Mouse yg masih menempel dalam mouse dengan solder dan penyedot timah tadi.
  • Kemudian pasang kabel Mouse yg masih mengagumkan dan telah dites Tadi pada mouse. Solder yg rapi dan bertenaga jangan terdapat keliru satu yang terkait menggunakan satunya.
  • Coba jalankan mouse serta Tutup kembali apabila perkara sudah teratasi.

Cara mengatasi kerusakan Mouse cursor tidak sanggup bergerak tetapi tombol bisa di klik.

Ciri-karakteristik kerusakan Mouse misalnya ini sangat kerap terjadi lantaran optik Mouse telah rusak dan wajib diganti menggunakan yg baru. Optik Mouse berbentuk lampu LED yg Umumnya berwarna bening. Dan terdapat pada posisi Tengah Tengah Mouse.

Cara memperbaiki nya

  • buka casing Mouse
  • lepaskan optik Mouse dengan solder serta penyedot timah.
  • untuk optik Mouse ini kita dapat menggantinya dengan optik Mouse lain yang sama. Anda pula sanggup mencari Mouse yang sudah rusak tetapi kerusakan nya nir pada optik.
  • saat memasang optik Mouse yg baru jangan lupa perhatikan kaki kutub positif serta negatif yang dimiliki oleh optik tadi. Dengan melihat gambar kabar pada atas. Jika posisi kaki off tik terbalik maka optik tidak akan mengeluarkan cahaya ketika Mouse dinyalakan.

Yang terakhir terdapat jenis kerusakan Mouse yang bila di klik satu kali maka justru jadi double Click. Dan buat kerusakan Mouse yg misalnya ini maka kita dapat mencoba memperbaiki nya menggunakan sebuah software yang bernama "mauseFIX" yg bisa kita unduh secara perdeo-tis berdasarkan internet. Dan memang sebenarnya mauseFIX ini adalah software yang di buat khusus buat Microsoft intellimouse Explorer optical Mouse . Tetapi software ini nyatanya juga dapat dipakai untuk memperbaiki kerusakan dalam beberapa merek mouse lainnya.

Cara memperbaiki Mouse dengan mouseFIX
  • unduh software musafik serta ekstrak dalam sebuah folder
  • buat shortcut mouseFIX.Exe pada folder "startup" Di Star menu
  • jalankan acara mauseFIX
  • selesai
Nah. Setelah kita mengikuti langkah-langkah diatas tentunya agak rumit jua kan?? Tetapi nggak apa-apa lah itung-itung buat cari keterampilan.
Mungkin Hanya itu yg bisa saya tulis tentang cara servis Mouse baik mouse USB maupun Mouse P/S 2 serta pula bisa diterapkan pada jenis mouse wireless. Simak pula ulasan menarik lain mengenai trik-trik menarik yg ditulis sang Teknisikecil.Com. Kalaupun ada yang kurang paham atau sulit dimengerti Anda mampu tinggalkan coret-coretan pada kolom komentar paling bawah

Salam
PC Software

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.