Mengenal memori semikonduktor dan jenis-jenis memori semikonduktor



Mengenal memori semikonduktor dan jenis-jenis memori semikonduktor


Memori semikonduktor adalah perangkat penyimpanan file ataupun data elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor. Memori semikonduktor ini merupakan komponen yang sangat krusial pada perkembangan perangkat elektronika saat ini. Umumnya digunakan menjadi memori personal komputer . Memory pada smartphone, USB Drive serta di televisi televisi pandai ( Smart TV). Memori semikonduktor ini umumnya berbentuk IC( integrate Circuit)

Kebanyakan memori semikonduktor mempunyai sifat secara acak access( akses acak) yang datangnya dapat diakses dalam kurun ketika yang tetap tetapi tidak memperdulikan lokasi letak file ataupun data tersebut di pada memori. Dengan adanya sifat akses rambang ini, memori semikonduktor bisa lebih maksimal dalam mengakses data baik pada penyimpanan juga pencarian arsip atau data. Hal ini sangat tidak sama dengan perangkat memori yg bersifat memori urut seperti compat disk.(CD). Dan Tape magnetik. Memori urut hanya dapat mengakses data secara berurutan lantaran batasan mobilitas mekanikal berdasarkan media penyimpanan mengharuskan pengaksesan arsip secara berurutan. Dengan demikian saat akses perangkat memori urut ini sebagai lebih lambat berdasarkan memori semikonduktor yg memiliki sifat rambang ini.

Secara umum, waktu yang diperlukan buat mengakses satu byte memori semikonduktor merupakan pada hitungan beberapa nanodetik sedangkan waktu akses 1 byte pada hardisk merupakan pada Kisaran milidetik. Oleh karenanya, memori semikonduktor acapkali dipakai menjadi memori primer( primary stroge) dalam media komputer.

Dalam sebuah chip memori semikonduktor, dalam setiap bit data biner disimpan pada sirkuit Mini yang disebut dengan sel memori. Sel memori tadi terdiri berdasarkan satu hingga beberapa transistor. Sel-sel memori diletakkan pada pada array persegi panjang dalam bagian atas Chip. Sel-sel memory 1 Beat dikelompokkan pada satuan mini yang dianggap dengan" istilah" yg diakses secara bersamaan sebagai indera memori tunggal. Memori yang didapatkan untuk kepanjangan kata adalah berdasarkan kelipatan dua misalnya 1,dua,4,6,serta 8 bit.

Jenis-jenis memori semikonduktor

Teknologi memori semikonduktor yg umum kita ketahui dapat dibagi sebagai dua kategori primer dari pengoperasiannya pada menunda file data saat nir diberikan tegangan. Kedua kategori tadi adalah:

RAM( secara acak access memori)
RAM adalah memori semikonduktor yang dapat dipakai buat membaca serta menulis data pada urutan apapun. Memori semikonduktor jenis ini poly dipakai buat pelaksanaan misalnya komputer prosesor memori data atau variabel disimpan serta diminta secara rambang. Data dapat disimpan serta dibaca berkali-kali tetapi data yang disimpan akan hilang jika memori semikonduktor tersebut tidak dialiri arus listrik. Memori jenis RAM seringkali disebut pula menggunakan volatil memory.

Berdasarkan teknologi dan aplikasinya RAM bisa dibagi menjadi:

  • DRAM- merupakan singkatan dari Dynamic Random Access memori. Cara memakai sel memori( memori cells) yang terdiri dari kapasitor dan transistor buat menyimpan setiap bit atau arsip data. Tingkat muatan pada setiap kapasitor memilih apakah sebuah Beat tadi. Rymovie nalar 1 atau 0, muatan listrik yang disimpan dalam kapasitor akan dicarger perlahan-huma sehingga dibutuhkan refresh( penyegar kembali) secara berkala. G adalah memori semikonduktor yg seringkali digunakan sebagai memori utama personal komputer . Dengan berkembangnya zaman, teknologi drum bisa dibagi sebagai FPM-DRAM(fast laman mode DRAM), EDO-DRAM(extended data out DRAM). VRAM (video random access memori). SDRAM (Syncronous dynamic secara acak- access memori) dan DDR SDRAM(Double data rate synchronus DRAM).
  • SRAM. Merupakan singkatan menurut Dynamis Random Access memori. Seram tidak memerlukan refresh secara berkala sehingga kecepatan aksesnya( tulis dan baca) lebih tinggi berdasarkan DRAM. Namun kekurangan SRAM, merupakan memerlukan daya yg lebih tinggi menurut DRAM serta jua harga yang lebih mahal menurut dalam DRAM. Dengan hal demikian, DRAM umumnya dipasang menjadi cache sedangkan SRAM dipakai sebagai memori utama.

ROM.( Read only Memory) .
ROM (Read only memori) merupakan jenis memori semikonduktor yang hanya dapat menyimpan data serta arsip dalam sekali tulis saja. File atau data yg telah tersimpan nir akan berubah atau hilang Meskipun nir dialiri arus listrik. Seiring menggunakan perkembangan teknologi yang relatif canggih. Beberapa jenis ROM telah dapat dihapus dan ditulis (re-write) dengan metode atau cara eksklusif seperti dengan ultraviolet serta listrik. Memori jenis ini poly dianggap menjadi nonvolatil memori.

Berdasarkan teknologi dan aplikasinya ROM dapat dibedakan sebagai:

PROM. Merupakan singkatan menurut programmable read Only Memori. Memori semikonduktor jenis Prom ini hanya bisa ditulis sekali serta wajib pada acara menggunakan komponen khusus yaitu from programmer

  • EPROM. Singkatan berdasarkan erasable programmable read Only Memori. Memori jenis semikonduktor EPROM bisa diprogram serta dapat dihapus juga. Untuk EPROM ini, penghapusan harus dilakukan menggunakan sinar ultraviolet. Terdapat sebuah jendela kecil pada EPROM buat memungkinkan cahaya masuk mencapai chip silikon. Ketika EPROM dipakai. Jendela ini umumnya tertutup menggunakan label agar data dapat dipertahankan pada jangka ketika eksklusif.

  • EEPROM. Merupakan singkatan berdasarkan Electrically Erasable programmable Read Only memori. EEPROM merupakan jenis memori semikonduktor yang dapat diprogram ataupun ditulis dan dihapus dengan menggunakan tegangan listrik. Seperti halnya memori semikonduktor yg berjenis ROM lainnya. EEPROM jua dapat mempertahankan berdasarkan isi memori, Meskipun nir dialiri arus listrik namun penulisan atau acara EEPROM nir dapat secepat RAM

  • FLASH Memori. Merupakan pengembangan menurut teknologi EEPROM, data dapat ditulis maupun dihapus sinkron dengan kemauan penggunanya. Kecepatan proses penulisan serta penghapusan isi file ataupun data berada di antara EEPROM dan ram. Namun kurang cocok digunakan menjadi memori utama pada komputer. Flash memory umumnya digunakan sebagai kartu memori( Sekolah Dasar card, memori stick) dan USB flash Drive(Thumbdrive)

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.