Mengenal memori semikonduktor dan jenis-jenis memori semikonduktor



Mengenal memori semikonduktor serta jenis-jenis memori semikonduktor


Memori semikonduktor adalah perangkat penyimpanan file ataupun data elektronik yg terbuat dari bahan semikonduktor. Memori semikonduktor ini merupakan komponen yg sangat penting dalam perkembangan perangkat elektro saat ini. Umumnya dipakai menjadi memori personal komputer . Memory dalam smartphone, USB Drive serta pada televisi televisi pandai ( Smart TV). Memori semikonduktor ini biasanya berbentuk IC( integrate Circuit)

Kebanyakan memori semikonduktor memiliki sifat secara acak access( akses acak) yg datangnya dapat diakses dalam kurun ketika yang tetap tetapi nir memperdulikan lokasi letak arsip ataupun data tadi di pada memori. Dengan adanya sifat akses acak ini, memori semikonduktor bisa lebih aporisma dalam mengakses data baik dalam penyimpanan juga pencarian arsip atau data. Hal ini sangat tidak selaras menggunakan perangkat memori yg bersifat memori urut misalnya compat disk.(CD). Dan Tape magnetik. Memori urut hanya bisa mengakses data secara berurutan karena batasan mobilitas mekanikal dari media penyimpanan mengharuskan pengaksesan file secara berurutan. Dengan demikian waktu akses perangkat memori urut ini sebagai lebih lambat dari memori semikonduktor yang memiliki sifat rambang ini.

Secara generik, waktu yg diperlukan untuk mengakses satu byte memori semikonduktor adalah dalam hitungan beberapa nanodetik sedangkan ketika akses 1 byte pada hardisk adalah dalam Kisaran milidetik. Oleh karena itu, memori semikonduktor sering digunakan sebagai memori primer( primary stroge) dalam media personal komputer .

Dalam sebuah chip memori semikonduktor, dalam setiap bit data biner disimpan pada sirkuit Mini yang dianggap dengan sel memori. Sel memori tersebut terdiri berdasarkan satu sampai beberapa transistor. Sel-sel memori diletakkan pada pada array persegi panjang pada bagian atas Chip. Sel-sel memory 1 Beat dikelompokkan dalam satuan kecil yang diklaim dengan" kata" yang diakses secara bersamaan sebagai indera memori tunggal. Memori yang didapatkan buat kepanjangan istilah adalah menurut kelipatan 2 seperti 1,2,4,6,dan 8 bit.

Jenis-jenis memori semikonduktor

Teknologi memori semikonduktor yang generik kita ketahui dapat dibagi sebagai 2 kategori primer dari pengoperasiannya dalam menunda file data waktu nir diberikan tegangan. Kedua kategori tadi merupakan:

RAM( secara acak access memori)
RAM adalah memori semikonduktor yang dapat dipakai buat membaca serta menulis data pada urutan apapun. Memori semikonduktor jenis ini poly dipakai untuk aplikasi misalnya personal komputer prosesor memori data atau variabel disimpan dan diminta secara acak. Data dapat disimpan serta dibaca berkali-kali tetapi data yang disimpan akan hilang bila memori semikonduktor tersebut tidak dialiri arus listrik. Memori jenis RAM tak jarang dianggap pula dengan volatil memory.

Berdasarkan teknologi dan aplikasinya RAM bisa dibagi menjadi:

  • DRAM- adalah singkatan menurut Dynamic Random Access memori. Cara memakai sel memori( memori cells) yg terdiri dari kapasitor dan transistor buat menyimpan setiap bit atau file data. Tingkat muatan pada setiap kapasitor menentukan apakah sebuah Beat tadi. Rymovie nalar 1 atau 0, muatan listrik yg disimpan pada kapasitor akan dicarger perlahan-lahan sebagai akibatnya dibutuhkan refresh( penyegar kembali) secara bersiklus. G adalah memori semikonduktor yg seringkali dipakai sebagai memori primer komputer. Dengan berkembangnya zaman, teknologi drum bisa dibagi sebagai FPM-DRAM(fast page mode DRAM), EDO-DRAM(extended data out DRAM). VRAM (video secara acak access memori). SDRAM (Syncronous dynamic random- access memori) dan DDR SDRAM(Double data rate synchronus DRAM).
  • SRAM. Merupakan singkatan dari Dynamis Random Access memori. Seram tidak memerlukan refresh secara terjadwal sehingga kecepatan aksesnya( tulis serta baca) lebih tinggi dari DRAM. Tetapi kekurangan SRAM, adalah memerlukan daya yang lebih tinggi berdasarkan DRAM dan juga harga yg lebih mahal dari dalam DRAM. Dengan hal demikian, DRAM umumnya dipasang menjadi cache sedangkan SRAM dipakai menjadi memori utama.

ROM.( Read only Memory) .
ROM (Read only memori) adalah jenis memori semikonduktor yang hanya dapat menyimpan data serta file pada sekali tulis saja. File atau data yg telah tersimpan tidak akan berubah atau hilang Meskipun nir dialiri arus listrik. Seiring menggunakan perkembangan teknologi yang relatif canggih. Beberapa jenis ROM sudah dapat dihapus dan ditulis (re-write) dengan metode atau cara tertentu misalnya dengan ultraviolet serta listrik. Memori jenis ini poly dianggap menjadi nonvolatil memori.

Berdasarkan teknologi dan aplikasinya ROM dapat dibedakan sebagai:

PROM. Adalah singkatan menurut programmable read Only Memori. Memori semikonduktor jenis Prom ini hanya bisa ditulis sekali serta harus pada acara menggunakan komponen spesifik yaitu from programmer

  • EPROM. Singkatan berdasarkan erasable programmable read Only Memori. Memori jenis semikonduktor EPROM bisa diprogram dan dapat dihapus juga. Untuk EPROM ini, penghapusan wajib dilakukan memakai sinar ultraviolet. Terdapat sebuah jendela mini pada EPROM buat memungkinkan cahaya masuk mencapai chip silikon. Ketika EPROM digunakan. Jendela ini biasanya tertutup dengan label agar data dapat dipertahankan pada jangka saat tertentu.

  • EEPROM. Merupakan singkatan berdasarkan Electrically Erasable programmable Read Only memori. EEPROM adalah jenis memori semikonduktor yang bisa diprogram ataupun ditulis dan dihapus dengan memakai tegangan listrik. Seperti halnya memori semikonduktor yg berjenis ROM lainnya. EEPROM jua bisa mempertahankan berdasarkan isi memori, Meskipun tidak dialiri arus listrik namun penulisan atau acara EEPROM nir dapat secepat RAM

  • FLASH Memori. Merupakan pengembangan berdasarkan teknologi EEPROM, data dapat ditulis juga dihapus sinkron dengan kemauan penggunanya. Kecepatan proses penulisan dan penghapusan isi file ataupun data berada pada antara EEPROM dan ram. Namun kurang cocok dipakai menjadi memori utama pada komputer. Flash memory umumnya dipakai sebagai kartu memori( Sekolah Dasar card, memori stick) dan USB flash Drive(Thumbdrive)

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.