Jenis-jenis transmisi media pada jaringan

Jenis-jenis transmisi media dalam jaringan


Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirim data liputan dari suatu loka ke tempat yg lain, dalam jaringan, seluruh media yang mampu menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau dianggap cahaya yg bisa digunakan sebagai media pengirim. Baik buat pengiriman dan penerimaan data media. Pilihan Media transmisi( pengirim) dipakai buat keperluan komunikasi data tergantung dalam beberapa faktor, seperti harga, performa jaringan yang dikehendaki, ada atau tidaknya media tersebut

1,Cropper media
Cropper media adalah semua transmisi data yg terbuat dari bahan tembaga, biasanya orang-orang yg menyebut menggunakan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel.
Bentuk merupakan frekuwensi sinyal listrik( tegangan atau arus) digital. Jenis-jenis kabel yang dipakai menjadi Transmisi data pada jaringan.
1Coaxial Cable kabel tersebut sering digunakan menjadi kabel antena TV, serta sanggup juga sebagai kabel BNC ( bayonet Nur connector) kapal tersebut adalah kabel yg tak jarang dipakai pada LAN karena memiliki proteksi terhadap menggunakan yang lebih tinggi, selain itu pula harganya yg murah serta bisa mengirimkan data dengan kecepatan standar.

Berikut merupakan 4 jenis kabel Coaxial
-Thinnet atauRG-58 (10Base2)

-Thicknet atau RG-8 (10Base5)

-RG-59

-RG-6

Adat jenis 3 konektor dalam kabel coaxial, yaitu t connector, I connector( soket) dan BNC connector. Keuntungan memakai kabel Coaxio adalah lebih murah daripada kabel fiber optik serta jeda jangkaunya cukup lumayan jauh menurut jenis kabel UTP/ STP yang memakai repeater sebagai penguat nya. Namun kekurangannya merupakan susah dalam waktu instalasi, baik itu instalasi connector juga kabel itu sendiri. Untuk saat ini kabel Coaxio telah tidak direkomendasikan lagi buat penggunaan instalasi jaringan.

2.Twisted pair cable
Twisted pair terdiri berdasarkan 2 jenis.

Kabel STP ( Shielded Twisted pair )
keunggulan memakai kabel STP ,bisa lebih tahan terhadap interferensi gelombang harus elektromagnetik baik berdasarkan dalam maupun berdasarkan luar. Kekurangannya merupakan agak lumayan sedikit mahal, susah saat instalasi, terutama dalam memasang grounding, serta jeda jangkaunya hanya kurang lebih 100 meter

Kabel UTP ( unshielded twisted pair)
Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah harganya yang murah serta mudah pada instalasi, namun terdapat sedikit kekurangan yaitu Rentan terhadap intervensi buat kabel twisted pair yaitu:
  • Kategori 1(CAT-2)-Umumnya sanggup memakai konduktor padat baku awg sebesar 22 atau 24 PIN menggunakan impedensi yang lebar. Dan mampu dipakai pada connector telepon serta tidak direkomendasikan buat transmisi data
  • Kategori dua(CAT-dua)-Rangga hipertensi yang lebar seringkali digunakan dalam sistem pabx serta sistem alarm. Transmisi data di SDN sanggup memakai kabel kategori 2 ini, menggunakan bed with maksimal 100 mbps.
  • Kategori 3(CAT-3)-Banyak orang tak jarang menyebutnya kabel voice Grand. Menggunakan konduktor padat sebesar 22 atau 24 PIN dengan impedensi 100 m dan mampu berfungsi hingga 16 mbps. Bisa digunakan buat jaringan 10 baset danToken Ring dengan bandwidth 4 Mbps.
  • Kategori 4( CAT-4)-Seperti kategori diatas tadi dengan bandwidth 20 mbps, hal ini diterapkan dalam jaringan token ring dan bandwidth 16 mbps.
  • Kategori 5(CAT-lima)-Merupakan kabel twisted pair yang terbaik( data Grand) dengan Bandwith 100 mbps dan jeda tempuh transmisi maksimum 100 meter

3.Optical media
Ada 3 jenis kabel fiber optic yg umumnya digunakan, yaitu single mode, multimode serta plastik optical fiber yang sanggup berfungsi sebagai petunjuk cahaya menurut ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dalam bentuk light emitting diode ataupun laser, kabel fiber optic single mode merupakan fiberglass satu satunya dengan diameter 8,tiga sampai 10 mikrometer, dan jua mempunyai satu jenis transmisi yg sanggup menghantarkan data berkapasitas akbar serta pula kecepatan tinggi untuk jeda jauh, dan membutuhkan asal cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil.

Kemampuan kabel jenis single mode mampu menghantarkan transmisi merupakan 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode, hal ini dimiliki Core yang lebih kecil sebagai akibatnya bisa menghilangkan setiap penyimpangan serta pulsa cahaya yg menumpang dindih.

Kabel fiber optik multimode terbuat menurut fiberglass dengan diameter lebih besar , yaitu hingga 50 menggunakan 100 mikrometer yang bisa menghantarkan data berkapasitas yg relatif besar buat jeda menengah, Apabila jarak yg ditempuh lebih dari 2018 kaki, akan terjadi penyimpangan sinyal dalam sisi penerima yang berakibat transmisi data menjadi tidak akurat, sedang plastik optical fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yg mengklaim tingkat performa yang sama menggunakan fiberglass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah, waktu ini fiberoptik sudah poly dipakai menjadi standar kabel data dalam bidding physical layer telekomunikasi juga jaringan, contohnya perangkat TV kabel, jua sistem keamanan yg memakai closed sirkuit televisi ( CCTV). Dan lain sebagainya, bahan dari optical media merupakan kaca menggunakan ukuran yang sangat kecil ( sekala Micron) umumnya kebanyakan orang menyebut nya/dikenal dengan nama fibre optic ( serat optik) data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya ( laser atau infared). Satu buah kabel fiber optik terdiri atas dua fibre. 1 berfungsi buat transmisi(TX) serta yang satunya lagi buat receive(RX) sehingga komunikasi dengan fibre optic sanggup terjadi 2 arah secara bersamaan ( full duplex)

3.Wireless networknetwork
Saat ini sudah banyak kita jumpai jaringan tanpa kabel( Wireless network) transmisi data memakai Sinar inframerah atau gelombang mikro buat menghantarkan data. Walaupun kedengarannya mudah namun Kendal nyabun banyak dihadapi, di sisi lain adalah kasus jeda, bandwidth, serta mahalnya biaya , tetapi dimiliki buat kebutuhan LAN pada pada gedung waktu ini telah dikembangkan teknologi wireless buat aktif hub. (Up-link) dengan aktifHUB berdasarkan jaringan yang telah terdapat.

Media transmisi wireless memakai gelombang radio frekuensi yg tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik menggunakan frekuensi 24 GHz serta 5ghz. Data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik.

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.