Jenis-jenis transmisi media pada jaringan

Jenis-jenis transmisi media pada jaringan


Media transmisi merupakan media yang bisa digunakan buat mengirim data fakta dari suatu loka ke loka yang lain, pada jaringan, semua media yang sanggup menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau dianggap cahaya yang sanggup digunakan sebagai media pengirim. Baik buat pengiriman dan penerimaan data media. Pilihan Media transmisi( pengirim) digunakan buat keperluan komunikasi data tergantung dalam beberapa faktor, seperti harga, performa jaringan yg dikehendaki, ada atau tidaknya media tersebut

1,Cropper media
Cropper media merupakan semua transmisi data yang terbuat berdasarkan bahan tembaga, umumnya orang-orang yang menyebut dengan nama kabel. Data yg dikirim melalui kabel.
Bentuk merupakan sinyal frekuwensi listrik( tegangan atau arus) digital. Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai Transmisi data dalam jaringan.
1Coaxial Cable kabel tadi tak jarang dipakai sebagai kabel antena TV, serta bisa jua menjadi kabel BNC ( bayonet Nur connector) kapal tersebut merupakan kabel yang tak jarang dipakai pada LAN karena memiliki proteksi terhadap menggunakan yg lebih tinggi, selain itu jua harganya yang murah serta sanggup mengirimkan data menggunakan kecepatan baku.

Berikut merupakan 4 jenis kabel Coaxial
-Thinnet atauRG-58 (10Base2)

-Thicknet atau RG-8 (10Base5)

-RG-59

-RG-6

Adat jenis tiga konektor dalam kabel coaxial, yaitu t connector, I connector( soket) serta BNC connector. Keuntungan memakai kabel Coaxio adalah lebih murah daripada kabel fiber optik dan jeda jangkaunya cukup tidak mengecewakan jauh menurut jenis kabel UTP/ STP yang menggunakan repeater sebagai penguat nya. Namun kekurangannya adalah susah dalam saat instalasi, baik itu instalasi connector juga kabel itu sendiri. Untuk ketika ini kabel Coaxio telah nir direkomendasikan lagi buat penggunaan instalasi jaringan.

2.Twisted pair cable
Twisted pair terdiri dari dua jenis.

Kabel STP ( Shielded Twisted pair )
keunggulan memakai kabel STP ,sanggup lebih tahan terhadap interferensi gelombang harus elektromagnetik baik menurut dalam maupun berdasarkan luar. Kekurangannya merupakan relatif lumayan sedikit mahal, susah ketika instalasi, terutama dalam memasang grounding, serta jeda jangkaunya hanya lebih kurang 100 meter

Kabel UTP ( unshielded twisted pair)
Keuntungan menggunakan kabel UTP merupakan harganya yang murah serta gampang pada instalasi, tetapi ada sedikit kekurangan yaitu Rentan terhadap intervensi buat kabel twisted pair yaitu:
  • Kategori 1(CAT-dua)-Umumnya sanggup memakai konduktor padat baku awg sebesar 22 atau 24 PIN menggunakan impedensi yang lebar. Dan bisa digunakan pada connector telepon serta nir direkomendasikan buat transmisi data
  • Kategori 2(CAT-dua)-Rangga hipertensi yang lebar acapkali digunakan dalam sistem pabx dan sistem alarm. Transmisi data di Sekolah Dasar Negeri mampu memakai kabel kategori dua ini, menggunakan bed with maksimal 100 mbps.
  • Kategori 3(CAT-tiga)-Banyak orang seringkali menyebutnya kabel voice Grand. Menggunakan konduktor padat sebesar 22 atau 24 PIN dengan impedensi 100 m serta mampu berfungsi sampai 16 mbps. Bisa dipakai buat jaringan 10 baset danToken Ring dengan bandwidth 4 Mbps.
  • Kategori 4( CAT-4)-Seperti kategori diatas tersebut dengan bandwidth 20 mbps, hal ini diterapkan pada jaringan token ring serta bandwidth 16 mbps.
  • Kategori lima(CAT-lima)-Merupakan kabel twisted pair yg terbaik( data Grand) dengan Bandwith 100 mbps serta jarak tempuh transmisi maksimum 100 meter

3.Optical media
Ada tiga jenis kabel fiber optic yg umumnya digunakan, yaitu single mode, multimode serta plastik optical fiber yg sanggup berfungsi menjadi petunjuk cahaya berdasarkan ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dalam bentuk light emitting diode ataupun laser, kabel fiber optic single mode merupakan fiberglass satu satunya dengan diameter 8,3 sampai 10 mikrometer, serta juga memiliki satu jenis transmisi yang bisa menghantarkan data berkapasitas besar dan juga kecepatan tinggi buat jarak jauh, serta membutuhkan asal cahaya dengan lebar spektrum yg lebih kecil.

Kemampuan kabel jenis single mode sanggup menghantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode, hal ini dimiliki Core yg lebih kecil sebagai akibatnya dapat menghilangkan setiap penyimpangan serta pulsa cahaya yg menumpang dindih.

Kabel fiber optik multimode terbuat dari fiberglass menggunakan diameter lebih akbar, yaitu sampai 50 menggunakan 100 mikrometer yang bisa menghantarkan data berkapasitas yang relatif besar buat jeda menengah, Jika jeda yg ditempuh lebih dari 2018 kaki, akan terjadi penyimpangan sinyal dalam sisi penerima yg mengakibatkan transmisi data sebagai tidak akurat, sedang plastik optical fiber merupakan kabel berbasis plastik modern yang menjamin taraf performa yang sama menggunakan fiberglass dalam jarak pendek menggunakan porto yg jauh lebih murah, waktu ini fiberoptik sudah banyak digunakan sebagai baku kabel data pada bidding physical layer telekomunikasi maupun jaringan, misalnya perangkat TV kabel, juga sistem keamanan yang memakai closed sirkuit televisi ( CCTV). Dan lain sebagainya, bahan berdasarkan optical media adalah kaca dengan berukuran yang sangat mini ( sekala Micron) umumnya kebanyakan orang menyebut nya/dikenal dengan nama fibre optic ( serat optik) data yang dilewatkan dalam medium ini dalam bentuk cahaya ( laser atau infared). Satu butir kabel fiber optik terdiri atas dua fibre. 1 berfungsi buat transmisi(TX) serta yg satunya lagi buat receive(RX) sebagai akibatnya komunikasi menggunakan fibre optic mampu terjadi dua arah secara bersamaan ( full duplex)

3.Wireless networknetwork
Saat ini sudah banyak kita jumpai jaringan tanpa kabel( Wireless network) transmisi data menggunakan Sinar inframerah atau gelombang mikro buat menghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis namun Kendal nyabun poly dihadapi, di sisi lain merupakan kasus jarak, bandwidth, serta mahalnya porto, namun dimiliki buat kebutuhan LAN pada pada gedung ketika ini telah dikembangkan teknologi wireless buat aktif hub. (Up-link) menggunakan aktifHUB dari jaringan yg sudah terdapat.

Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi yg tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 24 GHz serta 5ghz. Data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik.

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.