Cara mudah mengetahui specifikasi laptop maupun komputer tanpa bongkar,



Jika Anda waktu ini tengah mencari artikel tentang bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop atau komputer tanpa wajib ribet Bongkar pasang laptop maupun personal komputer , maka ulasan kali ini mungkin akan membantu anda sekalian para pembaca. Karena dalam ulasan kali ini akan kami sampaikan beberapa langkah untuk bisa mengetahui spesifikasi unit laptop ataupun pula personal komputer PC. Cara-cara semacam ini sangat umum digunakan oleh para teknisi personal komputer ataupun yang senang jual beli laptop second ketika ingin membeli sebuah unit laptop dari konsumennya. Dengan relatif menggunakan cara sederhana buat mengetahui specifikasi dan kemampuan komputer dan laptop. Contohnya kita akan membeli sebuah laptop bekas akan sangat efektif dan cepat mengetahui spesifikasi laptop tanpa harus bongkar pasang yang akan dibeli. Kita dapat menggunakan cara ini pada laptop ataupun komputer PC. Hanya saja ini spesifik perangkat yang memakai sistem operasi Windows dari microsof.

Cara ini memang beberapa akan memanfaatkan software bawaan Windows dan sebagian akan memakai software pihak lainnya misalnya CPU- z serta spaccy. Lantaran memang perangkat lunak ini merupakan beberapa yang paling akurat serta cepat buat dipakai sebagai indera mengetahui spesifikasi laptop maupun komputer.

Namun orang yg masih awam belum seberapa tahu mengenai laptop dan komputer mungkin akan bertanya Apa itu spesifikasi laptop serta personal komputer PC, sehingga akan sedikit dijelaskan bahwa setiap unit komputer, ataupun laptop pastinya di jual menggunakan kelengkapan komponen yang berbeda-beda pada setiap brand dan seri eksklusif. Sehingga menggunakan demikian para pembeli laptop bisa menentukan sebuah unit laptop sesuai menggunakan kebutuhan yang diinginkannya. Sebuah laptop juga mempunyai harga yg bhineka pula tentunya galat satunya adalah faktor spesifikasi yg dimilikinya. Sehingga unit laptop menggunakan spesifikasi gaming pastinya akan jauh lebih mahal menggunakan laptop yg hanya memiliki spesifikasi buat mengetik serta internetan saja. Lantaran laptop gaming pastinya akan memiliki prosesor yg cepat, RAM serta VGA menggunakan memori yang cukup besar serta kapasitas ruang data yang akbar pula. Sehingga menciptakan harga laptop gaming akan jauh lebih mahal menggunakan harga laptop biasa-biasa saja.

Baca jua: Efeksamping menggunakan anti virus berlebihan

Cara mudah dan cepat mengetahui spesifikasi laptop dan komputer PC

Bagi pengguna personal komputer atau laptop yg ingin main game pastinya wajib mengetahui terlebih dahulu spesifikasi laptop yang akan dimainkannya. Karena hari ini sangat penting buat menyesuaikan antara kebutuhan game yang akan diinstal terhadap kemampuan yg diusung oleh laptop agar game yg pada-install nantinya dapat berjalan sempurna serta tentunya sesuai yg diinginkan. Apabila kita perhatikan pada saat kita membeli sebuah CD game buat laptop ataupun personal komputer maka akan ada informasi yg namanya system requirement, atau sistem yg diperlukan sang pelaksanaan game tersebut berkaitan menggunakan hardware serta aplikasi dalam laptop yg akan digunakan buat menginstall game.

Sehingga nir terdapat salahnya bukan?? Jika kita mengetahui spesifikasi laptop yang kita miliki sendiri. Lantaran cara ini akan sangat bermanfaat Terutama saat di ketika kita akan menginstal suatu software eksklusif yg kita butuhkan ke depan semisal perangkat lunak game tersebut ataupun aplikasi yang lainnya.

Namun cara mengetahui spesifikasi personal komputer dan laptop pada bawah ini syaratnya personal komputer juga laptop yg akan dipandang spesifikasinya terlebih dahulu wajib telah terinstal sistem operasi Microsoft Windows alias laptop ataupun personal komputer yang akan pada cek tentu saja pada kondisi normal dan bisa berfungsi dengan baik. Cara ini nir dapat dilakukan dalam komputer atau laptop mangkat alias mati total. Dan buat laptop atau personal komputer yg mati dan susah tentu saja kita wajib melakukan pembongkaran buat bisa melihat spesifikasi yg dimiliki sang laptop itu sendiri.

Sedangkan panduan krusial yg harus kita ketahui dalam spesifikasi komputer merupakan seperti kapasitas RAM maupun VGA. Kecepatan atau frekuensi kerja processor kemudian kemudian kapasitas hardisk atau tempat penyimpanan data yg digunakan laptop tersebut. Sementara buat spesifikasi laptop lainnya merupakan spesifikasi lebar layar yg telah bisa ditinjau dengan kasat mata secara pribadi. Dan jangan hingga ketinggalan kelengkapan laptop lain misalnya kelengkapan optical disk drive, dan kelengkapan port-port yang juga sangat berguna buat sebuah laptop maupun komputer. Dan buat spesifikasi yang paling penting untuk diketahui dalam sebuah laptop. Empat komponen tadi yang terdiri dari RAM, VGA, processor serta pula hardisk.



Baca juga: mengenal memori semikonduktor dan jenis-jenis memori semikonduktor Bagi Anda yang ingin memahami cara mengecek spesifikasi laptop juga komputer PC yg anda pakai maka anda bisa mengikuti beberapa langkah gampang seperti berikut dibawah ini.

2 cara melihat spesifikasi laptop serta personal komputer pada dalam sistem Windows.

Cara mengetahui spesifikasi laptop dan komputer menggunakan System Information.

System Information atau sistem properties yg masih ada pada setiap sistem operasi Microsoft Windows telah disediakan tempat buat bisa melihat data yang dimiliki sang personal komputer ataupun laptop itu sendiri. Jadi secara sistem fakta windos ini memang pelaksanaan bawaan yg dimiliki setiap komputer yg sudah di instal microsof windos pada dalamnya.

Fitur system properties ini dapat dimanfaatkan oleh para pengguna laptop serta komputer buat melihat spesifikasi nya. Hal ini bisa digunakan dengan cepat serta mudah tanpa wajib terlebih dahulu membongkar laptop atau komputer yang dimiliki nya. Sedangkan buat mengakses fitur system Information ini kita hanya membutuhkan beberapa langkah mudah saja dan relatif cepat, sehingga ditampilkan dalam layar, sebagai akibatnya Anda dapat bilang cara Ini adalah cara yang cukup gampang buat mengetahui spesifikasi laptop serta komputer.

Inilah langkah-langkah buat melihat spesifikasi laptop dan komputer menggunakan system properties.
  • Pertama kita buka Windows Explorer yg terdapat pada program pada pada hidangan. Atau sanggup jua dengan menekan tombol bendera windos dalam keyboard + tombol E, maka dalam sekejap Windows Explorer akan terbuka.
  • Langkah selanjutnya kita Klik Kanan my computer( buat windos XP, Windows 7, serta Windows 8), serta buat windos 8 1, Windows 10 bisa Klik Kanan dalam disk PC yg terdapat pada Windows Explorer atau folder berlogo komputer tadi, lalu sehabis Klik Kanan lihat pada bagian hidangan yang keluar pada bagian paling bawah pilih properties.
  • Setelah mengikuti langkah diatas maka anda akan dibawa keluar jendela yg menampilkan " view basic information about your computer " bila anda menggunakan Windows 10 atau Windows 8 1 yg di bawahnya akan ada sub kabar misalnya windos edition, sistem, Computer name, serta windos action.
  • Khusus buat keterangan sistem pada bawahnya lagi terdapat kabar processor, RAM dan tipe sistem operasi yg diusungnya, dan dalam bagian sistem inilah bagian liputan yang paling seringkali ditinjau atau penting yg diharapkan oleh pengguna laptop buat mengetahui kemampuan prosesor maupun RAM yg diusung laptop itu sendiri.
Namun menggunakan cara ini kita belum bisa mengetahui kapasitas hardisk yg dimiliki laptop. Lalu Bagaimana cara mengetahui kapasitas hardisk laptop ataupun komputer PC yg diusungnya?? Relatif gampang saja? Kita hanya butuh mengulangi langkah dengan mengklik kanan dalam tes fisik atau MI komputer menggunakan mouse lalu pilih manage( Windows 7 serta yg lebih baru) serta pilih device manager jika sudah menggunakan Windows XP.

1.Cara melihat kapasitas hardisk laptop maupun komputer menggunakan gampang serta cepat.

Klik Kanan my computer atau this PC lalu pilih Manage atau mampu jua device manager tergantung jenis sistem operasi Windows yg diinstal pada laptop, kemudian pilih disk management.


  • Maka menggunakan langkah tersebut kita akan mendapatkan ventilasi yang menampilkan berita ataupun spesifikasi kapasitas hardisk yang diusung pada laptop ataupun komputer bersama beberapa parameter lain menggunakan lengkap.
  • Tetapi menggunakan cara ini ada kelemahannya dimana kapasitas hardisk yg sebenarnya terkadang nir akurat serta nir disebutkan sang sistem disk management tersebut. Dan umumnya kapasitas yang tertera pada berita disk management sedikit lebih kecil berdasarkan kapasitas hardisk yg aslinya. Misalnya hardisk yg sebenarnya adalah 120 GB. Terkadang yang terbaca hanya disk management sekitar 111. Sekian GB saja yg terbaca. Sementara umumnya hardisk laptop dan personal komputer hanya dibentuk menggunakan kapasitas bundar saja misalnya 100 GB. 160 GB. 250 GB. 500 GB. Hingga 1 tipe atau 2018 GB. Dan lain sebagainya.

Untuk dapat lebih seksama pada melihat spesifikasi hardisk yang diusung laptop, ada satu cara lagi yang lebih akurat Yakni menggunakan melihat pada sistem BIOS. Bahkan melalui sistem bios kita juga dapat melihat spesifikasi laptop juga komputer dengan lebih efisien meski hanya khusus buat berita hardware saja. Dan buat warta spesifikasi yang berkaitan menggunakan perangkat lunak atau sistem operasi anda nir bisa melihatnya menurut biosistem yang dimiliki oleh setiap komputer juga laptop itu sendiri. Dan untuk cara mengetahui spesifikasi laptop berdasarkan biosistem mungkin akan kita bahas dalam ulasan yg lain saja.


2.Cara melihat spesifikasi laptop dan personal komputer menggunakan DXDIAG

Jika cara di atas tadi kita bisa melihat spesifikasi hardware beserta softwarenya yg dimiliki oleh laptop itu sendiri. Maka dalam pembahasan selanjutnya ini kita pula bisa melihat spesifikasi laptop dengan fitur lain yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows. Yaitu menggunakan fitur yg bernama" DXDIANG"

Fitur tadi akan kita dapatkan Setiap kali kita menginstal sistem operasi Microsoft Windows. Hanya saja fitur Dxdiang ini umumnya tidak diketahui sang pengguna laptop maupun komputer yang masih Awam. Fitur dxdiang yang terdapat pada setiap sistem operasi Windows merupakan daftar hidangan yang terdapat di windos dan hanya dapat diakses menggunakan cara tertentu misalnya melalui sajian RUN, yang dapat timbul dengan menekan tombol "Windows dan R" yg masih ada dalam keyboard laptop maupun komputer.

Dan inilah langkah-langkah buat mengetahui spesifikasi laptop maupun komputer dengan bantuan DXDIAG.
  • Tekan tombol Windows + r pada keyboard. Ketik dxdiag.
  • Selanjutnya tunggu hingga" direct penaksiran tool" menggunakan logo X pada atas sebelah kiri jendelanya
Pada jendela direct diagnostic tool akan ada fakta misalnya sistem, display, sound, dan input. Sehingga kita bisa melihat keterangan spesifikasi teknis laptop pada tab sistem yang mengkonfigurasikan tentang lepas. Sistem operasi sampai memori atau RAM. Processor serta jua versi DirectX sendiri.

Dan sementara buat kapasitas VGA yang tidak disertakan apabila pada pengecekan spesifikasi laptop maupun personal komputer berdasarkan sistem kabar di atas. Maka menggunakan direct X ini anda akan mendapatkan fakta spesifikasi VGA yg diusung sang laptop dengan mengklik dalam tab " display" tapi terkadang kabar display yg menyatakan kapasitas memory VGA serta direc X ini kosong. Hal ini ditimbulkan bukan karena komputer error atau rusak hanya saja hal tadi disebabkan karena drive VGA belum terinstal dengan paripurna dalam sistem laptop. Jadi buat dapat menampilkan kabar kemampuan VGA, ada direct X ini maka drive Gea wajib terinstal terlebih dahulu sebelum anda melihat spesifikasi lebih lanjut.

Selanjutnya Jika anda masih merasa kurang puas menggunakan liputan spesifikasi laptop juga personal komputer yg bisa dicermati berdasarkan cara diatas, maka anda sanggup melihat spesifikasi laptop maupun komputer menggunakan memanfaatkan perangkat lunak pihak kedua misalnya pelaksanaan CPU-Z, serta GPU-Z. Yang bisa kita unduh dengan gampang dari internet lalu kita instal pada laptop yg akan kita lihat spesifikasinya.

Demikianlah tadi tips cara mengetahui spesifikasi laptop juga komputer menggunakan memanfaatkan beberapa fitur bawaan sistem operasi Windows yang telah terinstal pada laptop. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar bab ini mampu jua di share di sini.

Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi yang waktu ini tengah mencari ulasan mengenai cara mengetahui spesifikasi perangkat lunak maupun hardware laptop ataupun personal komputer guna mengembangkan keperluan yg diinginkan. Simak juga ulasan menarik lainnya

Salam
Tehnisikecil.Com

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.