Cara memilih memori card dengan benar sebelum membeli



Seiring menggunakan berjalannya saat teknologi pun dituangkan dalam bentuk smartphone, kamera digital, serta perangkat gadget terkini yang akhir-akhir ini semakin semakin tinggi. Kebutuhan akan media penyimpanan arsip ataupun data yg akbar membuahkan kartu memori( memory card) sebagai suatu kebutuhan yg tak terelakan. Terlebih lagi buat smartphone lokal yang umumnya minim menggunakan kapasitas memori internal. Maka kartu memori merupakan sebuah solusi handal yg harus ada buat menambah internal memori penyimpanan. Tetapi tahukah sobat bahwa berdasarkan berbagai macam kartu memori yang ada ternyata memiliki perbedaan jenis dan spesifikasi unik yg membuat perbedaan satu sama lain. Nah lo Baru memahami kan??

Bagi sobat yg baru mengenal kartu memori ataupun Sekolah Dasar card serta berniat membelinya, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis serta spesifikasi yg sesuai kebutuhan smartphone anda. Mengapa hal ini begitu krusial bagi anda serta perangkat Android Anda. Anda akan mempunyai pemahaman yg lebih baik tentang apa yang bekerja di perangkat smartphone. Selain itu, Anda wajib dapat memilih kartu memory card yang tepat buat smartphone anda. Tablet atau apa pun gadgetnya anda dan cara anda menggunakannya. Tidak baik kan apabila Anda membeli jenis memory card yg galat hanya karena kurang memahami ataupun kurang cermat dalam memilihnya?
Nah, sebelum anda menentukan SD card lebih jauh dalam memilih kartu memori, anda akan menaruh sedikit pencerahan mengenai jenis Sekolah Dasar card( yg umum beredar pada pasaran waktu ini) sebagai akibatnya Anda terhindar menurut kesalahan dan bisa memilih pilihan anda, manakah kartu memori yang pas atau sesuai menggunakan smartphone anda, berikut penerangan mengenai memory card

1 spesifikasi jenis SD, SDHC dan SDXC

Hal pertama yang perlu anda perhatikan waktu membeli SD card merupakan, yang sinkron menggunakan gadget atau perangkat Android Anda dengan melihat dalam gadget tersebut, atau referensi dari kitab panduan smartphone atau media warta yg lainnya( koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya). Hal ini buat menghindari kemungkinan keliru membeli tipe Sekolah Dasar card. Lantaran tidak mungkin kita memasang kartu memori yg spesifikasinya diatas Smartphone kita.

Security digital Association(SDA) berbagi spesifikasi buat aneka macam macam Sekolah Dasar card dan perangkat yang mendukungnya. Untuk memakai jenis eksklusif kartu SD pada kamera, contohnya, pembuat kamera harus mematuhi spesifikasi asosiasi memory card itu. Memory card yang beredar ketika ini diantaranya jenis SD, SDHC, dan pula SDXC. Jenis memory card ini tahan pada segala syarat serta juga kondusif jika terjatuh dalam ketinggian di bawah 2 meter, Letak disparitas primer dari ketiganya adalah pada kapasitas penyimpanan masing-masing kartu tersebut.

A. SDHC ( Scure Digital Hige Capacity )
SD card yg poly tersebar di pasaran serta yg poly dipakai bermacam-macam vendor menggunakan gadget yang memerlukan media penyimpanan berkapasitas tinggi seperti kamera. Cammorder serta laptop kecil. Jenis memori yg paling terkenal ini memiliki baku tersendiri dibanding memori yg lain. Standard memory card memakai format file bernama FAT16 , dukung kapasitas penyimpanan antara 32mb hingga 2GB . Memori ini dinamai scure (kondusif) karena sudah memiliki konten protection for recordable Media (CPRM) buat mencegah pembajakan media yg telah dilengkapi Switch Write-Protected yang berfungsi buat mencegah penghapusan memori secara tidak disengaja.

B. SDHC ( Scure Digital High Capacity )
SDHC merupakan pengembangan dari SD card Association ini merupakan pengembangan selanjutnya menurut Sekolah Dasar card, yang meski nir merubah desain dan bentuk. Namun kecepatan kecepatan mentransfer data sudah ditingkatkan. Dengan memakai format file FAT32, kartu jenis sdhc ini mempunyai kapasitas mulai 2GB hingga 32 GB , buat urusan kompatibilitas, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa apabila Berangkat kita sudah bisa mendukung Memory jenis SDHC , maka beliau akan tetap kompatibel menggunakan memori SD biasa, tetapi begitu sebaliknya, jangan pakai memory sdhc dalam perangkat usang yg hanya bisa mengenali memori SD card saja.

C .Sdxc( Scure Digital Extended Capacity )
Kartu SDXC adalah generasi penerus berikutnya menurut pengembangan SDXC yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi dan juga kapasitas lebih besar lagi. Kartu memori sdxc merupakan perangkat penyimpanan pertama di dunia yang memenuhi spesifikasi terbaru dari versi SD card memory.3.00, dimana maksimum kecepatan menulis hingga 35 MB /s dan kecepatan baca hingga 60 MB /s. Kecepatan ini sanggup dikatakan relatif indah bagi mereka yang memakai kartu tadi buat keperluan merekam video berformat HD dalam durasi yg relatif panjang. Jadi pada ketika merekam video full 2018x2018, jarak tidak akan terasa. Kartu jenis ini menggunakan format exfat( bukan fat32 atau fat) serta dapat memuat data berdasarkan berukuran 32 GP hingga 2tb. Tentu saja buat menggunakan memory card SanDisk SDXC ini dibutuhkan perangkat gadget modern yg telah kompatibel, saat ini Kian banyak produk elektronik consumer seperti kamera digital, camcorder, HD TV, blu-ray player, ponsel, serta GPS yg mendukung format SDXC.

Apakah arti menurut teknologi " backward compatible" pada Sekolah Dasar card?

Pendeknya teknologi Sekolah Dasar" backward compatible " adalah bahwa anda dapat membeli kamera misalnya Nikon d2018 yg kompatibel menggunakan SD card UHS SDXC-I, serta menggunakan Sekolah Dasar Card, sdhc atau sdxc di dalamnya. Open and meskipun kartu-kartu tadi kapasitasnya lebih kecil serta mungkin kinerja nya lebih lambat menurut performa yg anda dapatkan jika memakai kartu UHS SDXC-I, namun disisi lain anda masih bisa menyimpan gambar serta video ke dalam kartu dengan teknologi yg lebih lambat.

Hal ini sama berlaku jua dalam berangkat sdhc. Anda mampu memakai kartu sdhc baku atau Sekolah Dasar card yang lebih kecil berdasarkan 4 GB pada perangkat sdhc tanpa kasus kompatibel. Tetapi, anda tidak mampu melakukan hal sebaliknya! Kartu SD nir sanggup kompatibel dengan perangkat sdhc. Lebih tidak baik lagi bila anda memformat kartu SDXC, pada di perangkat SDHC, maka kartu tersebut bukan lagi sebuah kartu SDXC.

Jadi singkat kata begini:
  • Jika sebuah perangkat mampu memakai kartu SDXC , maka dia pula mampu memakai kartu jenis SDHC dan SD card .
  • Jika sebuah perangkat mampu menggunakan SDHC , beliau juga bisa menggunakan SD Card , akan tetapi nir dengan SDXC .
  • Jika sebuah perangkat hanya bisa menggunakan kartu SD card , pakai hanya kartu Sekolah Dasar- jangan SDHC apalagi SDXC karena mereka tidak kompetibel.

2. Bentuk dan ukuran Sekolah Dasar card

Bentuk serta berukuran kartu memori

Selain menyebabkan kapasitas penyimpanan kartu memori sebagai semakin akbar serta kecepatan semakin meningkat, perkembangan teknologi yang canggih jua turut dan menyebabkan bentuk memori menjadi semakin kecil sebagai akibatnya bisa memungkinkan Anda mudah buat membawa travelling, menyimpan pada saku celana atau media yg lain.

Kapasitas Sekolah Dasar card( mini Sekolah Dasar)
Micro SD
Melihat menggunakan seksama perangkat digital anda apakah memakai Sekolah Dasar Card, mini SD, micro Sekolah Dasar, atau memakai jenis penyimpanan yg lain dalam bentuk kecil. Kini ada 3 faktor bentuk yang tidak sinkron buat kartu memori yang beredar pada pasaran, antara lain:
SD card, baku, berukuran standarnya paling umum dipakai buat kamera digital atau DSLR namun nir digunakan buat perangkat HP maupun tablet. Dilihat besarnya berukuran memori tersebut, yakni kisah 32x 24x dua,1mm. Dengan kapasitas berat 2 gram.

Mini Sekolah Dasar, dengan berukuran kecil nya yang hanya dua 1,5x 20x 1,4mm. Memory jenis ini memang pantas buat pada pasang ke ponsel ataupun MP3 player. Namun akhir-akhir ini amat jarang ditemui dalam HP HP keluaran terkini( smartphone). Bagi Anda yang ingin memakai memory kecil SD pada peranti yg memiliki slot SD, maka diharapkan sebuah adapter/ conventer( umumnya disertakan waktu membeli kecil Sekolah Dasar/ micro SD)

Micro Sekolah Dasar, diciptakan oleh SanDisk Corporation, yg mulai diperkenalkan pada bulan Maret 2018 dan dipasarkan dalam tahun 2018, untuk ukurannya lebih mini daripada kecil Sekolah Dasar yakni sekitar 15x11x1mm. Dengan berat 0,5 gram. Dan ukurannya yg semakin kompak yaitu keping memori yang kecil serta tipis. Tetapi kapasitasnya permanen besar , menciptakan memori micro sd ini semakin populer serta poly digunakan pada bermacam-macam perangkat gadget. Smartphone, tablet serta kamera digital. Untuk berukuran yang mini tersedia adapter/ converter sebagai akibatnya memungkinkan pengguna dapat memakai pada perangkat yg membutuhkan Sekolah Dasar card baku( berukuran yg lebih akbar)

3 label group dan kecepatan memory card

Hal ketiga yang tidak kalah pentingnya yaitu menentukan kebutuhan akan kecepatan membaca tulisan berdasarkan kartu memori tadi. Masing-masing perangkat digital mempunyai kecepatan transfer data yg berbeda-beda. Cocoknya kecepatan( Speed) memory card yg akan dibeli menggunakan perangkat yg terdapat. Apabila gundah tidak perlu sungkan buat bertanya kepada customer. Tujuannya, supaya anda nir galat menentukan dan membeli kartu memori.

Tingkat kecepatan memory card diklasifikasikan dengan kode berupa nomor , dalam setiap SDK Dilla beli menggunakan keliru satu peringkat kelas kecepatan, saat ini buat kartu memori non you HS dibagi sebagai 4 golongan yang tidak selaras. Anda akan memenuhi angka kelas kecepatan di goresan pena pada huruf" C" dalam label kartu non UHS. Dan sementara kartu UHS hanya terdiri menurut satu kelas kecepatan, untuk menjadi pengenalan, Anda akan menemukan ranting kelas nomor yang tertulis pada pada huruf "U" dalam label kartu.

Untuk kartu UHS serta non UHS kategorinya misalnya di bawah ini
  • Class dua- kecepatan tulis Min, dua MB/s atau kecepatan 13x
  • Class 4- kecepatan tulis Min, 4MB/s atau kecepatan 26x
  • Class 6- kecepatan tulis Min, 6MB/s atau kecepatan 30x
  • Class 8- kecepatan tulis Min, 8MB/s atau kecepatan 40x
  • Class10- kecepatan tulis Min,10MB/S atau kecepatan 66x
  • Untuk UHS-1: kecepatan tulis minimal 10 MB/s

Perhatikan bahwa jenis kartu( SD, sdhc, atau sdxc) itu berbeda dengan kelas kecepatan kartu( kelas 246 dll)

Kelas kecepatan dibentuk dalam rangka buat memenuhi persyaratan kecepatan kontinu buat keperluan mentransfer data atau yang lain. Apalagi bila dipakai buat merekam video berkualitas tinggi,(HD). Produsen kartu memori mampu saja mengklaim kecepatan transfer rate-nya lebih tinggi dari batas minimum( jika nir misalnya standard kelas kecepatan yg ditulis pada label kartu SD) sebagai akibatnya sanggup membingungkan calon pembeli. Sekali lagi jangan resah, kelas-kelas kecepatan hanyalah persyaratan minimum yang bisa saja dibentuk buat memudahkan pengguna.

Sebagai contoh SanDisk, dapat membuat kartu yang memiliki kecepatan transfer tulis minimal 15 MB/s Tapi permanen saja beliau dinamai kartu Clash 10( atau kartuUHS). Tetapi kartu class10. Yaitu minimum 10 MB/s serta tidak boleh rendah dari itu.

akan tetapi sering angka yang anda lihat dalam label adalah kecepatan aporisma untuk membaca( red Speed) serta menulis( wrid speed) umumnya kecepatan Tulis akan berada di bawahnya. Dan perlu Anda cermati bahwa angka pada sini merupakan kecepatan transfer data maksimal (tercepat) yg bisa dicapai oleh memory tadi dengan koneksi yg optimal( Tentu saja sangat digantungkan pada kemampuan maksimal menurut sebuah perangkat yg digunakan)

Kecepatan menulis, mampu menghipnotis beberapa kecepatan sebuah perangkat sanggup memindahkan data berdasarkan proses ke kartu SD, sedangkan kecepatan membaca berpengaruh dalam rangka memindahkan data menurut kartu SD ke personal komputer atau perangkat yg lainnya. Ketika proses menyalin gambar, personal komputer akan membaca kartu. Jadi kecepatan membaca juga menulis keduanya sama-sama krusial.

Untuk waktu ini,class 10 adalah memori dengan kecepatan penulisan yang tertinggi pada kelas SDHC, semakin besar Class micro SD yg anda miliki tentunya semakin hebat bola kemampuan kartu untuk menghandle aneka macam media yg ada, contohnya apabila anda memakai class yg tinggi dalam smartphone anda, maka perpindahan data pun bisa terhandal dengan cepat juga, Micel transfer data berdasarkan ponsel ke personal komputer atau bila anda menginstal banyak game HD dan pada simpan pada Micro SD tentunya game tersebut bisa terbaca menggunakan baik, lancar serta cepat dan mengurangi hal-hal semacam hang.

Contoh berikutnya merupakan penggunaan kartu memori buat perangkat kamera DSLR, Terkadang seseorang fotografer ingin merogoh banyak gambar secara berturut-turut, ini berarti kamera perlu memproses velvel gambar serta menampungnya pada Build in memory atau buffer sebagai akibatnya kamera bisa memproses lebih banyak foto. Kemampuan sebuah kamera DSLR buat men berapa tembakan sekaligus akan terasa lebih cepat jika di bandingkan dengan kartu memori menggunakan kelas yang lebih tinggi, Hal ini dikarenakan menggunakan micro SD(misal)class 10 memungkinkan kamera buat menyimpan data atau gambar pada tingkat kecepatan yg lebih jauh tinggi bila dibandingkan menggunakan micro SD class 2,4, atau 6, menggunakan kartu memori yang memiliki kelas lebih tinggi, kamera tidak harus berhenti dan menunggu cover buat mengosongkan sebelum merogoh gambar pulang, serta membuatnya dapat terus me-shoort.

Mengingat ke depannya akan lebih banyak perangkat digital yang kompetibel menggunakan memory card SDHC, maka sebelum anda membeli memori pastikan lebih dulu perangkat Anda kompatibel dengan sdhc kelas berapa, jangan hingga kamera digital masa depan mensyaratkan pemakai SDHC kelas 4 atau memori yg lebih tinggi guna buat merekam video secara optimal, tetapi yang dibeli merupakan sdhc kelas 2, akibatnya, kamera anda mungkin tidak bisa mentransfer data dengan relatif cepat ke pada penyimpanan kartu SD serta menjadi akibatnya akan berhenti merekam video.

Namun jika anda bukan tipe fotografer yg merogoh foto dalam contoh continuous shooting, maka kartu kecepatan tinggi yang mahal tidak diharapkan, tetapi, jika anda pernah melewatkan momen krusial dikarenakan terlalu lama menunggu kamera anda buat menulis foto sebelumnya ke kartu memori, maka anda akan tahu betapa pentingnya kartu memori yg cepat, serta anda baru terasa Bagaimana pentingnya tahu bedanya kelas kecepatan buat performa video yang Maximum data transfer rates untuk menyimpan foto. Tidak semua kartu SD kelas 10 adalah sama ketika berurusan dengan fotografi, bila anda sedang mencari kartu tercepat buat fotografi, anda perlu melihat kecepatannya " pada menulis" Maximum.

Namun bila pemakaian SD katanya ditunjukkan untuk keperluan penyimpanan file pemutar music player atau penyimpanan data PDA , maka pemakaian SD card kecepatan standar saja sudah relatif.

4 garansi kartu memori

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah mengenai garansi yang anda dapatkan saat membeli memory card tersebut. Pastikan memory card yang dibeli memiliki garansi resmi. Dan sebaiknya lagi membeli kartu memori yang ber garansi seumur hidup ( lifetime warranty) nama-nama beken macam SanDisk, transcat ataupun v-gen pastinya yang mempunyai War anti lifetime sebagai akibatnya Anda tak perlu khawatir apabila kartu memori tadi dan tanya hilang atau rusak saat digunakan. Saya sarankan usahakan Anda membeli kartu memori bermerk yg dijual dalam syarat bungkus masih memiliki segel atau peking utuh. Teliti juga layanan purna jualnya( after sales service) merk yg akan anda beli.

Berikut ini beberapa faktor kesalahan pada pemakaian yang usahakan dihindari karena dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada kartu memori, yaitu:

Suhu yang terlalu panas. Overhead
Adanya impak medan magnet yang cukup kuat
Kesalahan pada waktu mencabut atau memasukkan memory card ke dalam slot kartu memori, sebagai akibatnya menyebabkan terjadinya kerusakan fisik
kartu memori sering dipindah pindah ke perangkat lain, contohnya berdasarkan handphone, Vita pasangkan ke tablet, kemudian dipasang lagi ke kamera digital, serta lain-lain.

Istilah kerusakan pada kartu memori ini dianggap memory corrupt. Hal ini dikarenakan rusaknya sistem file( bukan kerusakan pada fisik) ciri-cirinya yaitu memori tidak dapat terdeteksi atau memori terdeteksi namun tidak mampu dibuka.

5 sesuaikan ukuran memori dengan kebutuhan

Hal yg lebih krusial selanjutnya merupakan mengenali terlebih dahulu memory card. Ini akan digunakan buat gadget Apakah smartphone atau MP3 player. Setelah itu sesuaikan ukuran besarnya memori yg ingin anda beli menggunakan kebutuhan. Maksudnya di sini merupakan Jika Anda orang yg memang bahagia menyimpan data-data seperti musik video ataupun game Sudah Selayaknya Anda membeli kartu memori yg berkapasitas cukup besar . Namun bila anda tidak terlalu poly menaruh data data pada HP ataupun tablet cukuplah kiranya ada membeli kartu memori berukuran kecil. Tak perlu menggunakan kapasitas yg akbar sekali (8GB) contohnya. Dan ad interim anda hanya memakai memori tidak lebih berdasarkan dua GB. Tentu saja ini akan lebih berhemat biaya , apalagi saat ini smartphone ataupun tablet premium umumnya sudah menyediakan memori internal yang relatif buat menyimpan file-arsip data.

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.