Cara memilih memori card dengan benar sebelum membeli



Seiring dengan berjalannya saat teknologi pun dituangkan dalam bentuk smartphone, kamera digital, dan perangkat gadget terbaru yang akhir-akhir ini semakin meningkat. Kebutuhan akan media penyimpanan arsip ataupun data yg akbar membuahkan kartu memori( memory card) sebagai suatu kebutuhan yang tak terelakan. Terlebih lagi buat smartphone lokal yg umumnya minim menggunakan kapasitas memori internal. Maka kartu memori merupakan sebuah solusi handal yang wajib ada buat menambah internal memori penyimpanan. Tetapi tahukah sobat bahwa dari aneka macam macam kartu memori yang terdapat ternyata mempunyai perbedaan jenis serta spesifikasi unik yg membuat disparitas satu sama lain. Nah lo Baru tahu kan??

Bagi sobat yang baru mengenal kartu memori ataupun Sekolah Dasar card dan berniat membelinya, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis dan spesifikasi yang sinkron kebutuhan smartphone anda. Mengapa hal ini begitu krusial bagi anda serta perangkat Android Anda. Anda akan mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai apa yg bekerja pada perangkat smartphone. Selain itu, Anda harus dapat memilih kartu memory card yang sempurna buat smartphone anda. Tablet atau apa pun gadgetnya anda dan cara anda menggunakannya. Tidak baik kan apabila Anda membeli jenis memory card yang keliru hanya karena kurang memahami ataupun kurang cermat dalam memilihnya?
Nah, sebelum anda memilih SD card lebih jauh dalam memilih kartu memori, anda akan menaruh sedikit pencerahan tentang jenis Sekolah Dasar card( yg umum beredar pada pasaran waktu ini) sehingga Anda terhindar berdasarkan kesalahan serta bisa memilih pilihan anda, manakah kartu memori yang pas atau sinkron dengan smartphone anda, berikut penjelasan mengenai memory card

1 spesifikasi jenis Sekolah Dasar, SDHC serta SDXC

Hal pertama yg perlu anda perhatikan waktu membeli Sekolah Dasar card merupakan, yang sinkron dengan gadget atau perangkat Android Anda menggunakan melihat pada gadget tersebut, atau surat keterangan berdasarkan kitab pedoman smartphone atau media warta yg lainnya( koran, majalah, tabloid, serta lain sebagainya). Hal ini buat menghindari kemungkinan keliru membeli tipe Sekolah Dasar card. Karena tidak mungkin kita memasang kartu memori yang spesifikasinya diatas Smartphone kita.

Security digital Association(SDA) membuatkan spesifikasi untuk berbagai macam Sekolah Dasar card dan perangkat yang mendukungnya. Untuk menggunakan jenis tertentu kartu Sekolah Dasar di kamera, misalnya, pembuat kamera wajib mematuhi spesifikasi asosiasi memory card itu. Memory card yang tersebar saat ini antara lain jenis Sekolah Dasar, SDHC, serta juga SDXC. Jenis memory card ini tahan pada segala kondisi dan juga aman bila terjatuh dalam ketinggian di bawah 2 meter, Letak disparitas primer berdasarkan ketiganya merupakan pada kapasitas penyimpanan masing-masing kartu tersebut.

A. SDHC ( Scure Digital Hige Capacity )
Sekolah Dasar card yg banyak tersebar pada pasaran serta yg banyak digunakan bermacam-macam vendor dengan gadget yang memerlukan media penyimpanan berkapasitas tinggi misalnya kamera. Cammorder dan laptop mini . Jenis memori yg paling terkenal ini mempunyai standar tersendiri dibanding memori yg lain. Standard memory card menggunakan format arsip bernama FAT16 , dukung kapasitas penyimpanan antara 32mb hingga 2GB . Memori ini dinamai scure (aman) lantaran telah mempunyai konten protection for recordable Media (CPRM) buat mencegah pembajakan media yang telah dilengkapi Switch Write-Protected yg berfungsi buat mencegah penghapusan memori secara tidak disengaja.

B. SDHC ( Scure Digital High Capacity )
SDHC adalah pengembangan menurut Sekolah Dasar card Association ini merupakan pengembangan selanjutnya menurut Sekolah Dasar card, yg meski nir merubah desain dan bentuk. Namun kecepatan kecepatan mentransfer data telah ditingkatkan. Dengan memakai format arsip FAT32, kartu jenis sdhc ini memiliki kapasitas mulai 2GB sampai 32 GB , buat urusan kompatibilitas, satu hal yg perlu Anda jangan lupa bahwa jika Berangkat kita telah bisa mendukung Memory jenis SDHC , maka beliau akan permanen kompatibel dengan memori SD biasa, namun begitu sebaliknya, jangan pakai memory sdhc pada perangkat usang yg hanya bisa mengenali memori SD card saja.

C .Sdxc( Scure Digital Extended Capacity )
Kartu SDXC adalah generasi penerus berikutnya berdasarkan pengembangan SDXC yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi serta juga kapasitas lebih besar lagi. Kartu memori sdxc adalah perangkat penyimpanan pertama pada dunia yang memenuhi spesifikasi terkini berdasarkan versi SD card memory.3.00, dimana maksimum kecepatan menulis sampai 35 MB /s dan kecepatan baca sampai 60 MB /s. Kecepatan ini sanggup dikatakan relatif bagus bagi mereka yang menggunakan kartu tadi buat keperluan merekam video berformat HD pada durasi yg cukup panjang. Jadi dalam ketika merekam video full 2018x2018, jeda nir akan terasa. Kartu jenis ini menggunakan format exfat( bukan fat32 atau fat) serta dapat memuat data dari ukuran 32 GP sampai 2tb. Tentu saja buat menggunakan memory card SanDisk SDXC ini dibutuhkan perangkat gadget modern yg sudah kompatibel, saat ini Kian poly produk elektronik consumer seperti kamera digital, camcorder, HD TV, blu-ray player, ponsel, dan GPS yg mendukung format SDXC.

Apakah arti menurut teknologi " backward compatible" pada SD card?

Pendeknya teknologi SD" backward compatible " adalah bahwa anda dapat membeli kamera misalnya Nikon d2018 yg kompatibel dengan SD card UHS SDXC-I, serta memakai Sekolah Dasar Card, sdhc atau sdxc pada dalamnya. Open and meskipun kartu-kartu tadi kapasitasnya lebih kecil serta mungkin kinerja nya lebih lambat dari performa yg anda dapatkan bila memakai kartu UHS SDXC-I, namun disisi lain anda masih bisa menyimpan gambar dan video ke dalam kartu menggunakan teknologi yg lebih lambat.

Hal ini sama berlaku juga dalam berangkat sdhc. Anda sanggup memakai kartu sdhc baku atau Sekolah Dasar card yg lebih kecil berdasarkan 4 GB dalam perangkat sdhc tanpa kasus kompatibel. Tetapi, anda nir sanggup melakukan hal sebaliknya! Kartu SD tidak mampu kompatibel dengan perangkat sdhc. Lebih buruk lagi bila anda memformat kartu SDXC, dalam di perangkat SDHC, maka kartu tadi bukan lagi sebuah kartu SDXC.

Jadi singkat kata begini:
  • Jika sebuah perangkat bisa memakai kartu SDXC , maka beliau juga mampu menggunakan kartu jenis SDHC dan SD card .
  • Jika sebuah perangkat bisa memakai SDHC , beliau jua sanggup memakai SD Card , tapi nir dengan SDXC .
  • Jika sebuah perangkat hanya sanggup memakai kartu SD card , pakai hanya kartu Sekolah Dasar- jangan SDHC apalagi SDXC lantaran mereka nir kompetibel.

2. Bentuk serta ukuran SD card

Bentuk dan ukuran kartu memori

Selain menyebabkan kapasitas penyimpanan kartu memori menjadi semakin besar dan kecepatan semakin meningkat, perkembangan teknologi yang canggih juga turut serta menyebabkan bentuk memori sebagai semakin mini sehingga bisa memungkinkan Anda mudah untuk membawa travelling, menyimpan di saku celana atau media yg lain.

Kapasitas SD card( mini Sekolah Dasar)
Micro SD
Melihat dengan seksama perangkat digital anda apakah memakai Sekolah Dasar Card, mini Sekolah Dasar, micro SD, atau memakai jenis penyimpanan yang lain pada bentuk mini . Kini ada tiga faktor bentuk yang tidak selaras buat kartu memori yg tersebar pada pasaran, antara lain:
SD card, baku, berukuran standarnya paling generik dipakai buat kamera digital atau DSLR namun nir digunakan buat perangkat HP maupun tablet. Dilihat besarnya ukuran memori tersebut, yakni kisah 32x 24x 2,1mm. Dengan kapasitas berat 2 gr.

Mini SD, menggunakan berukuran kecil nya yang hanya 2 1,5x 20x 1,4mm. Memory jenis ini memang pantas buat pada pasang ke ponsel ataupun MP3 player. Namun akhir-akhir ini amat jarang ditemui pada HP HP keluaran terbaru( smartphone). Bagi Anda yang ingin memakai memory mini Sekolah Dasar pada peranti yg mempunyai slot SD, maka diharapkan sebuah adapter/ conventer( umumnya disertakan waktu membeli kecil Sekolah Dasar/ micro SD)

Micro SD, diciptakan oleh SanDisk Corporation, yang mulai diperkenalkan pada bulan Maret 2018 dan dipasarkan dalam tahun 2018, buat ukurannya lebih mini daripada mini Sekolah Dasar yakni sekitar 15x11x1mm. Dengan berat 0,5 gram. Dan ukurannya yang semakin kompak yaitu keping memori yg mini serta tipis. Tetapi kapasitasnya tetap besar , menciptakan memori micro sd ini semakin terkenal serta poly dipakai pada beragam perangkat gadget. Smartphone, tablet dan kamera digital. Untuk berukuran yg kecil tersedia adapter/ converter sehingga memungkinkan pengguna bisa memakai pada perangkat yang membutuhkan Sekolah Dasar card baku( berukuran yg lebih besar )

3 label class serta kecepatan memory card

Hal ketiga yg nir kalah pentingnya yaitu memilih kebutuhan akan kecepatan membaca tulisan menurut kartu memori tadi. Masing-masing perangkat digital mempunyai kecepatan transfer data yang bhineka. Cocoknya kecepatan( Speed) memory card yang akan dibeli menggunakan perangkat yg terdapat. Apabila resah tidak perlu sungkan buat bertanya kepada customer. Tujuannya, supaya anda tidak keliru memilih dan membeli kartu memori.

Tingkat kecepatan memory card diklasifikasikan dengan kode berupa angka, pada setiap SDK Dilla beli menggunakan salah satu peringkat kelas kecepatan, saat ini buat kartu memori non you HS dibagi menjadi 4 golongan yang berbeda. Anda akan memenuhi nomor kelas kecepatan pada goresan pena dalam huruf" C" dalam label kartu non UHS. Dan sementara kartu UHS hanya terdiri menurut satu kelas kecepatan, untuk menjadi pengenalan, Anda akan menemukan ranting kelas nomor yang tertulis pada dalam alfabet "U" dalam label kartu.

Untuk kartu UHS dan non UHS kategorinya misalnya pada bawah ini
  • Class 2- kecepatan tulis Min, dua MB/s atau kecepatan 13x
  • Class 4- kecepatan tulis Min, 4MB/s atau kecepatan 26x
  • Class 6- kecepatan tulis Min, 6MB/s atau kecepatan 30x
  • Class 8- kecepatan tulis Min, 8MB/s atau kecepatan 40x
  • Class10- kecepatan tulis Min,10MB/S atau kecepatan 66x
  • Untuk UHS-1: kecepatan tulis minimal 10 MB/s

Perhatikan bahwa jenis kartu( Sekolah Dasar, sdhc, atau sdxc) itu tidak selaras menggunakan kelas kecepatan kartu( kelas 246 dll)

Kelas kecepatan dibuat pada rangka buat memenuhi persyaratan kecepatan kontinu buat keperluan mentransfer data atau yang lain. Apalagi apabila digunakan buat merekam video berkualitas tinggi,(HD). Pembuat kartu memori mampu saja mengklaim kecepatan transfer rate-nya lebih tinggi berdasarkan batas minimum( jika nir misalnya standard kelas kecepatan yang ditulis pada label kartu SD) sehingga bisa membingungkan calon pembeli. Sekali lagi jangan resah, kelas-kelas kecepatan hanyalah persyaratan minimum yg mampu saja dibentuk buat memudahkan pengguna.

Sebagai contoh SanDisk, bisa membuat kartu yang mempunyai kecepatan transfer tulis minimal 15 MB/s Tapi permanen saja beliau dinamai kartu Clash 10( atau kartuUHS). Tetapi kartu class10. Yaitu minimum 10 MB/s serta tidak boleh rendah menurut itu.

tapi seringkali nomor yg anda lihat pada label adalah kecepatan maksimal buat membaca( red Speed) dan menulis( wrid speed) umumnya kecepatan Tulis akan berada di bawahnya. Dan perlu Anda cermati bahwa angka pada sini adalah kecepatan transfer data maksimal (tercepat) yg bisa dicapai oleh memory tadi menggunakan koneksi yang optimal( Tentu saja sangat digantungkan pada kemampuan maksimal berdasarkan sebuah perangkat yang dipakai)

Kecepatan menulis, sanggup mensugesti beberapa kecepatan sebuah perangkat mampu memindahkan data menurut proses ke kartu Sekolah Dasar, sedangkan kecepatan membaca berpengaruh dalam rangka memindahkan data berdasarkan kartu Sekolah Dasar ke personal komputer atau perangkat yang lainnya. Ketika proses menyalin gambar, personal komputer akan membaca kartu. Jadi kecepatan membaca juga menulis keduanya sama-sama krusial.

Untuk ketika ini,class 10 merupakan memori dengan kecepatan penulisan yang tertinggi pada kelas SDHC, semakin besar Class micro SD yang anda miliki tentunya semakin hebat bola kemampuan kartu buat menghandle banyak sekali media yg terdapat, contohnya bila anda menggunakan group yg tinggi pada smartphone anda, maka perpindahan data pun bisa terhandal dengan cepat jua, Micel transfer data dari ponsel ke komputer atau jika anda menginstal banyak game HD dan di simpan di Micro Sekolah Dasar tentunya game tersebut dapat terbaca menggunakan baik, lancar serta cepat serta mengurangi hal-hal semacam hang.

Contoh berikutnya adalah penggunaan kartu memori buat perangkat kamera DSLR, Terkadang seorang fotografer ingin mengambil poly gambar secara berturut-turut, ini berarti kamera perlu memproses velvel gambar dan menampungnya pada Build in memory atau buffer sehingga kamera dapat memproses lebih poly foto. Kemampuan sebuah kamera DSLR buat men berapa tembakan sekaligus akan terasa lebih cepat bila pada bandingkan menggunakan kartu memori menggunakan kelas yang lebih tinggi, Hal ini dikarenakan menggunakan micro Sekolah Dasar(misal)group 10 memungkinkan kamera buat menyimpan data atau gambar pada tingkat kecepatan yg lebih jauh tinggi jika dibandingkan dengan micro SD class 2,4, atau 6, menggunakan kartu memori yang memiliki kelas lebih tinggi, kamera nir wajib berhenti serta menunggu cover untuk mengosongkan sebelum mengambil gambar pulang, serta membuatnya bisa terus me-shoort.

Mengingat ke depannya akan lebih banyak perangkat digital yang kompetibel menggunakan memory card SDHC, maka sebelum anda membeli memori pastikan lebih dulu perangkat Anda kompatibel dengan sdhc kelas berapa, jangan hingga kamera digital masa depan mensyaratkan pemakai SDHC kelas 4 atau memori yang lebih tinggi guna buat merekam video secara optimal, tetapi yang dibeli adalah sdhc kelas dua, akibatnya, kamera anda mungkin tidak dapat mentransfer data dengan cukup cepat ke dalam penyimpanan kartu Sekolah Dasar serta menjadi akibatnya akan berhenti merekam video.

Namun apabila anda bukan tipe fotografer yg mengambil foto dalam model continuous shooting, maka kartu kecepatan tinggi yg mahal tidak diharapkan, namun, bila anda pernah melewatkan momen krusial dikarenakan terlalu usang menunggu kamera anda buat menulis foto sebelumnya ke kartu memori, maka anda akan tahu betapa pentingnya kartu memori yang cepat, serta anda baru terasa Bagaimana pentingnya memahami bedanya kelas kecepatan buat performa video yang Maximum data transfer rates buat menyimpan foto. Tidak semua kartu SD kelas 10 adalah sama saat berurusan dengan fotografi, apabila anda sedang mencari kartu tercepat buat fotografi, anda perlu melihat kecepatannya " dalam menulis" Maximum.

Namun jika pemakaian SD ucapnya ditunjukkan buat keperluan penyimpanan file pemutar music player atau penyimpanan data PDA , maka pemakaian SD card kecepatan baku saja telah relatif.

4 garansi kartu memori

Selanjutnya yg perlu anda perhatikan merupakan tentang garansi yang anda dapatkan ketika membeli memory card tadi. Pastikan memory card yg dibeli mempunyai garansi resmi. Dan usahakan lagi membeli kartu memori yg ber garansi seumur hayati ( lifetime warranty) nama-nama beken macam SanDisk, transcat ataupun v-gen pastinya yang mempunyai War anti lifetime sebagai akibatnya Anda tidak perlu khawatir jika kartu memori tadi serta tanya hilang atau rusak ketika dipakai. Saya sarankan usahakan Anda membeli kartu memori bermerk yang dijual dalam kondisi bungkus masih mempunyai segel atau peking utuh. Teliti juga layanan purna jualnya( after sales service) brand yang akan anda beli.

Berikut ini beberapa faktor kesalahan pada pemakaian yang usahakan dihindari karena dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kartu memori, yaitu:

Suhu yang terlalu panas. Overhead
Adanya efek medan magnet yg relatif kuat
Kesalahan dalam saat mencabut atau memasukkan memory card ke dalam slot kartu memori, sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan fisik
kartu memori sering dipindah pindah ke perangkat lain, misalnya dari handphone, Vita pasangkan ke tablet, lalu dipasang lagi ke kamera digital, serta lain-lain.

Istilah kerusakan pada kartu memori ini diklaim memory corrupt. Hal ini dikarenakan rusaknya sistem arsip( bukan kerusakan dalam fisik) ciri-cirinya yaitu memori nir dapat terdeteksi atau memori terdeteksi namun nir sanggup dibuka.

5 sesuaikan berukuran memori menggunakan kebutuhan

Hal yang lebih krusial selanjutnya adalah mengenali terlebih dahulu memory card. Ini akan dipakai buat gadget Apakah smartphone atau MP3 player. Setelah itu sesuaikan berukuran besarnya memori yang ingin anda beli dengan kebutuhan. Maksudnya pada sini merupakan Jika Anda orang yg memang senang menyimpan data-data misalnya musik video ataupun game Sudah Selayaknya Anda membeli kartu memori yang berkapasitas cukup besar . Namun jika anda nir terlalu poly memberikan data data dalam HP ataupun tablet cukuplah kiranya ada membeli kartu memori ukuran mini . Tak perlu menggunakan kapasitas yg akbar sekali (8GB) misalnya. Dan sementara anda hanya menggunakan memori tak lebih berdasarkan dua GB. Tentu saja ini akan lebih menghemat porto, apalagi saat ini smartphone ataupun tablet premium umumnya telah menyediakan memori internal yg relatif buat menyimpan file-arsip data.

Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.