belajar mengenal komponen elektronik dasar beserta fungsinya

mengidentifikasi komponen ilektronik

Bagaimana cara memilih dan menemukan berita buat menemukan komponen elektonik yang masihbisa pada gunakan guna untuk mendaur ulang menurut mainboard yang telah nir sanggup di pakai. Kemungkinan masih bisadi pakai, hanya saja nir semuanaya komponen mampu di pakai. Kemungkinan besar komponen-komponen sanggup didaur ulang lumayankan mampu buat persediaan didalam lab (bengkel) anda.

Anda mampu melihat dan menentukan berdasarkan komponen elektro yang masih cantik menurut segi fisik, namun jika berdasarkan segi kondisi anda wajib menguji cobanya ataupun mengukur dengan multitester. Buat mengenali jenis kompone yang masi bisa digunakan anda mampu lihat artikel ini sampai selesai. Dan sekaligus mampu sebagai pedoman cepat pada mengenal komponen yang sulit pada pahami.




Resistor merupaka komponen elektronik yg mempunyai 2 pin pada ujung-ujung serta di desain buat mengatur tegangan listrik dari arus yang masuk menggunakan resistensi tetentu/tahanan. bisa di produksi tegangan listrik pada kedua pin. Nilai tegangan pada resistensi terhadap resistensi berbanding lurus menggunakan resistensi arus yg masuk. resistor memiliki kode warna serta nilai yg berbeda-beda. Buat mengetahui nya anda sanggup lihat pedoman di sini

Salah satu komponen yg seringkali poly pada gunakan dalam sirkuait elektronik. Resitor bisa dibuat berdasarkan macam-macam film dan komponen. Bahkan buat dawai resistensi (kawat yang pada buat dari paduan resistivitas tinggi misalnya nikel-kromium )

potensiometers merupakan galat satu jenis resitor yang nilai resistensinya dapat di ubah-ubah sesuai menggunakan kebutuhan rangkaian elektronik atau kebutuhan pemakaian. potensiometers merupakan keluarga hambatan yg yang tergolong pada kategori fariable penahan. Dilihat berdasarkan segifisik potensiometers erdapat menurut tiga kaki terminal dengan tiga kaki terminal dengan shf atau tuas yg berfungsi buat jalur masuk input,output dan ground.

fungsi
dalam perlatan elektronik tak jarang pada temukan potensiometers yang berfungsi buat mengatur volume di perangkat audio/video. seperti dvd player, mengatur terperinci gelap nya lampu, dan lain sebagainya.


Kapasitor adalah komponen elektronik yang dapat di gunakan menjadi penyimpan muatan arus listrik selain itujuga kapasitor bisa pada gunakan buat penyaring frekwensi. Kapasitas Kapasitor dalam kemampuan nya menyimpan muatan listrik dianggap fared (F). Kapasitor jug memilki berbagai jenis fisik dan berukuran tergantung pada fisik masing-masing.Kapasitor sendiri memilikidua macam jenis yaitu Kapasitor nonpolar serta Kapasitor polar (elektrolit).
  • kapasitor nonpolar.
merupakn jenis kapasitor yg mempunyai kapasitas yg tetap. Kapasitor ini memiliki kapasitas yang nir terlalu besar . Serta buat pemasngan nyapun relatif gampang tanpa harus takut jikalau terbalik.
  • kapasitor polar (elektrolit)
sesuai menggunakan namanya kapasitor ini memiliki polaritas (kutub) pada kedua kakinya yaitu kutub positif(+) dan kutub negatif(-) kapasitor ini bisa dikelompokan dalam kapasitor yg memiliki nilai kapasitas yang besar . Ledakan kapasitor dapat terjadi apabila dalam pemasangan nya terbalik atau tegangan yang pada berikan sang kapasitor ini melebihi tegangan maksimum.

Induktor, merupakan komponen yang bersifat pasif yang tak jarang di temukan dalam rangkaian elektronik terutama dalam rangkaian yang berkaitan menggunakan frekwensi radio. Induktor atau nama lain dianggap Coil. merupakan komponen elektro terdiri dari beberapa lilitan dawai yg menciptakan sebuah kumparan. Dalam dasarnya induktor dapat menyebabkan magnet jika di aliri menggunakan aruslistrik. medan magnet yg pada timbulkan dapat menyimpan tenaga pada ketika yang nisbi singkat. Dasar menurut induktor merupakan berdasarkan aturan induksi faraday.
Nilai induksi sebuah induktor (coil) tergantung dalam 4 faktor. Diantara nya.
  • Jumlah lilitan. S emakin poly lilitan semakin tinggipula induksinya.
  • Diameter induktor. Semakin akbar diameter semakin tinggi induksinya.
  • Permeabilitas inti. Bahan inti yang dipakai misalnya plat besi dan ferit
  • Ukuran panjang induktor. Semakin pendek induktor(koil) tersebut, semakin tinggipula induktasinya.

Cristal/Oscilator adalah tangkaian elektronika yang dapat membentuk getaran atau sinyal listrik. Gelombang yg di hasilkan adalah gelombang sinus, gelombang kotak, gelombang gigi gergaji. Pada teorinya gelombang arus DC berdasarkan pencatu daya dikonversikan oleh rangkaian osilator yg pada ubah sebagai arus bolak-balik atau AC sebagai akibatnya membentuk frekuwensi lostrik yg periodik dengan amplitudo konstan.

Tiga kata yg selalu berkaitan menggunakan rangkaian osilator, yaitu "periodik" "amplitudo" "frekwensi" serta berikut adalah pengertian menurut istilah tadi.
  • Periodik. Adalah waktu yang berjalan pada menempuh satu getaran atau saat yg pada butuhkan dalam satu siklus gelombang bolak-pulang umumnya dilambangkan dengan satuan dtk (scound)
  • Amplitudo. Merupakan, simpangan terjauh yg pada ukur berdasarkan titik keseimbangan pada suatu getaran.
  • Frekwensi. Adalah getaran yang pada hasilkan dalam satu detik. Satuan frekwensi merupakan Hertz.


Rilay merupakan suatu rangkaian yg bekerja secara elektromagnet buat memindahkan suatu hubungan (suit) yang tersusun berdasarkan sebuah saklar elektronis yg dapat pada kembalikan dari elektonik lain nya. Dengan memanfaatkan tegangan listrik sebagai sumber energinya. Kontaktor akan tertutup(tewas) terbuka(hidup) lantaran efek induksi magnet yg pada hasilkan dari kumparan saat di aliri tegangan listrik. Tetapi sangat berbeda dengan saklar. Pergerakan kontaktor ON/OF dilakukan secara manual, tanpa perlu arus listrik.



Hampir pada setiap tempat tinggal -tempat tinggal pada kota maupun pada desa di aliri arus listrik yang berarus 220volt pada indonesia. Dengan adanya arus 220volt kita dapat menikmati serunya nonton televisi di tempat tinggal kita. Terangnya lampu pijar dapt menerangi isi rumah, mencarger smartphone dan jua meringankan alat-alat dapurkita, tegangan listrik yg di hasilkan oleh PLN dalam umumnya dapat mencapai puluhan kilo volt serta lalu di turunkan menjadi 220volt yg kita rasakan misalnya saat ini. Serta buat menurunkan daya yang berkilo volt diperlukan yang namanya tranformator.

transformator atau yg seringkali kita sebut dengan Travo adalh suatu alat listrik yg bisa menurunkan suatu tegangan AC ketaraf yang lain. Maksud dari tarar tersebuat di antaranya seperti menurunkan tegangan AC 220volt sebagai 12volt AC. Transformator atau Trafo ini bekerja berdasarkan prinsip induksi maghnet dan hanya bisa bekerja dalam arus bolak-kembali.







Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.