belajar mengenal komponen elektronik dasar beserta fungsinya

mengidentifikasi komponen ilektronik

Bagaimana cara menentukan serta menemukan informasi buat menemukan komponen elektonik yg masihbisa di gunakan guna buat mendaur ulang dari mainboard yang telah tidak mampu di pakai. Kemungkinan masih bisadi pakai, hanya saja tidak semuanaya komponen mampu di pakai. Kemungkinan besar komponen-komponen bisa didaur ulang lumayankan bisa buat persediaan didalam lab (bengkel) anda.

Anda bisa melihat dan memilih dari komponen elektronik yang masih mengagumkan dari segi fisik, namun jikalau dari segi syarat anda wajib menguji cobanya ataupun mengukur menggunakan multitester. Buat mengenali jenis kompone yang masi bisa digunakan anda sanggup lihat artikel ini sampai selesai. Dan sekaligus bisa sebagai pedoman cepat dalam mengenal komponen yg sulit di pahami.




Resistor merupaka komponen elektronik yang mempunyai 2 pin pada ujung-ujung serta di desain untuk mengatur tegangan listrik dari arus yg masuk menggunakan resistensi tetentu/tahanan. bisa pada produksi tegangan listrik dalam kedua pin. Nilai tegangan pada resistensi terhadap resistensi berbanding lurus menggunakan resistensi arus yg masuk. resistor memiliki kode warna dan nilai yg bhineka. Buat mengetahui nya anda sanggup lihat pedoman pada sini

Salah satu komponen yg sering poly di pakai dalam sirkuait elektronik. Resitor bisa dibuat berdasarkan macam-macam film dan komponen. Bahkan buat dawai resistensi (kawat yg pada buat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium )

potensiometers adalah salah satu jenis resitor yang nilai resistensinya dapat di ubah-ubah sinkron dengan kebutuhan rangkaian elektronik atau kebutuhan pemakaian. potensiometers merupakan keluarga pelawan yg yang tergolong dalam kategori fariable pelawan. Dilihat berdasarkan segifisik potensiometers erdapat berdasarkan 3 kaki terminal menggunakan 3 kaki terminal dengan shf atau tuas yang berfungsi buat jalur masuk input,output serta ground.

fungsi
dalam perlatan elektronika tak jarang pada temukan potensiometers yang berfungsi buat mengatur volume pada perangkat audio/video. seperti dvd player, mengatur terang gelap nya lampu, dan lain sebagainya.


Kapasitor merupakan komponen elektronika yg bisa pada gunakan sebagai penyimpan muatan arus listrik selain itujuga kapasitor dapat pada pakai buat penyaring frekwensi. Kapasitas Kapasitor pada kemampuan nya menyimpan muatan listrik diklaim fared (F). Kapasitor jug memilki berbagai jenis fisik serta ukuran tergantung dalam fisik masing-masing.Kapasitor sendiri memilikidua macam jenis yaitu Kapasitor nonpolar serta Kapasitor polar (elektrolit).
  • kapasitor nonpolar.
merupakn jenis kapasitor yg mempunyai kapasitas yang tetap. Kapasitor ini mempunyai kapasitas yang tidak terlalu akbar. Serta buat pemasngan nyapun cukup gampang tanpa wajib takut jikalau terbalik.
  • kapasitor polar (elektrolit)
sesuai dengan namanya kapasitor ini memiliki polaritas (kutub) dalam kedua kakinya yaitu kutub positif(+) dan kutub negatif(-) kapasitor ini mampu dikelompokan dalam kapasitor yg mempunyai nilai kapasitas yg akbar. Ledakan kapasitor dapat terjadi apabila dalam pemasangan nya terbalik atau tegangan yang di berikan sang kapasitor ini melebihi tegangan maksimum.

Induktor, merupakan komponen yg bersifat pasif yg seringkali pada temukan dalam rangkaian elektronika terutama pada rangkaian yg berkaitan menggunakan frekwensi radio. Induktor atau nama lain diklaim Coil. merupakan komponen elektro terdiri berdasarkan beberapa lilitan dawai yang membentuk sebuah kumparan. Pada dasarnya induktor dapat menimbulkan magnet apabila pada aliri menggunakan aruslistrik. medan magnet yang pada timbulkan dapat menyimpan tenaga pada ketika yang relatif singkat. Dasar dari induktor adalah berdasarkan aturan induksi faraday.
Nilai induksi sebuah induktor (coil) tergantung dalam 4 faktor. Diantara nya.
  • Jumlah lilitan. S emakin poly lilitan semakin tinggipula induksinya.
  • Diameter induktor. Semakin besar diameter semakin tinggi induksinya.
  • Permeabilitas inti. Bahan inti yg digunakan misalnya plat besi dan ferit
  • Ukuran panjang induktor. Semakin pendek induktor(koil) tersebut, semakin tinggipula induktasinya.

Cristal/Oscilator adalah tangkaian elektronik yang dapat menghasilkan getaran atau frekuwensi listrik. Gelombang yang pada hasilkan adalah gelombang sinus, gelombang kotak, gelombang gigi gergaji. Pada teorinya gelombang arus DC berdasarkan pencatu daya dikonversikan oleh rangkaian osilator yg di ubah menjadi arus bolak-pulang atau AC sehingga menghasilkan sinyal lostrik yg periodik dengan amplitudo kontinu.

Tiga kata yang selalu berkaitan menggunakan rangkaian osilator, yaitu "periodik" "amplitudo" "frekwensi" dan berikut merupakan pengertian menurut istilah tersebut.
  • Periodik. Adalah ketika yang berjalan pada menempuh satu getaran atau ketika yang pada butuhkan dalam satu siklus gelombang bolak-balik umumnya dilambangkan dengan satuan dtk (scound)
  • Amplitudo. Merupakan, simpangan terjauh yg di ukur berdasarkan titik keseimbangan pada suatu getaran.
  • Frekwensi. Merupakan getaran yang di hasilkan pada satu detik. Satuan frekwensi adalah Hertz.


Rilay adalah suatu rangkaian yang bekerja secara elektromagnet buat memindahkan suatu kontak (suit) yg tersusun menurut sebuah saklar elektronis yang bisa pada kembalikan dari elektonik lain nya. Dengan memanfaatkan tegangan listrik sebagai asal energinya. Kontaktor akan tertutup(meninggal) terbuka(hayati) karena pengaruh induksi magnet yang pada hasilkan menurut kumparan ketika pada aliri tegangan listrik. Tetapi sangat berbeda dengan saklar. Pergerakan kontaktor ON/OF dilakukan secara manual, tanpa perlu arus listrik.



Hampir di setiap rumah-rumah di kota maupun pada desa di aliri arus listrik yang berarus 220volt di indonesia. Menggunakan adanya arus 220volt kita bisa menikmati serunya nonton televisi di tempat tinggal kita. Terangnya lampu pijar dapt menerangi isi rumah, mencarger smartphone dan jua meringankan alat-alat dapurkita, tegangan listrik yg di hasilkan sang PLN dalam umumnya bisa mencapai puluhan kilo volt serta lalu di turunkan sebagai 220volt yang kita nikmati misalnya ketika ini. Serta buat menurunkan daya yang berkilo volt diperlukan yang namanya tranformator.

transformator atau yang acapkali kita sebut menggunakan Travo adalh suatu alat listrik yg dapat menurunkan suatu tegangan AC ketaraf yg lain. Maksud dari tarar tersebuat pada antaranya seperti menurunkan tegangan AC 220volt menjadi 12volt AC. Transformator atau Trafo ini bekerja dari prinsip induksi maghnet serta hanya dapat bekerja pada arus bolak-pulang.







Comments

Popular posts from this blog

Download Mi Flash Tools v2017.4.25.0 exe

Cara Hard Reset Tablet Advan i7D Bima

How to Install TWRP Recovery and Root Lenovo A319.